Mengenal SPR-4, Senjata Sniper Buatan Anak Bangsa yang Bisa Capai Target 1,5 KM

Kamis, 26 Januari 2023 - 18:06 WIB
loading...
Mengenal SPR-4, Senjata Sniper Buatan Anak Bangsa yang Bisa Capai Target 1,5 KM
SPR-4 merupakan senjata sniper buatan anak bangsa yang keandalannya diakui oleh negara lain. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - SPR-4 merupakan senjata sniper buatan anak bangsa yang keandalannya diakui oleh negara lain. Salah satu keunggulannya dapat menembak target sejauh 15 kilometer.

Sniper ini diproduksi oleh PT Pindad untuk memenuhi kebutuhan operasional prajurit TNI terkhusus para penembak jitu. Sesuai dengan nomornya, sniper ini merupakan sniper generasi ke-4 dari seluruh seri senjata sniper buatan Pindad.

Sedangkan nama SPR diambil dari sistem pengkategorian PT Pindad dalam produksi senjatanya. SPR merupakan singkatan dari Senapan Penembak Runduk. Nama ini digunakan untuk sniper laras panjang.

Baca juga : 3 Senjata Sniper TNI Buatan PT Pindad Paling Mematikan, Terakhir Bisa Menembak dari Jarak 2 Km

Dikutip dari laman resmi PT Pindad, SPR ke 4 ini menggunakan peluru dengan kaliber 7,62 mm origin PIN dengan muatan peluru mencapai 12 butir. Sistem tembak dari sniper ini menggunakan sistem tembak tunggal dengan pembuangan selongsong peluru secara otomatis, seperti dalam sistem tembak pistol.

Dengan adanya sistem tembak ini maka mekanisme mesin senjata sangatlah simpel, sehingga mempengaruhi bentuk senapan yang terbilang ramping. Meskipun ramping, sniper ini memiliki spesifikasi yang terbilang mumpuni.

Berikut spesifikasi dari sniper SPR-4 buatan anak bangsa Indonesia

1. Popor

Senjata yang satu ini memiliki dimensi ergonomi yaitu jarak antara gagang genggal picu dengan akhir popor menggunakan bentuk yang mirip dengan SS2 V4 PARA SNIPER. Namun pada sniper SPR ke 4 ini terdapat sedikit perbedaan bentuk yakni lebih mundur kebelakang beberapa sentimeter.

Meskipun dikategorikan sebagai senjata runduk, dengan bentuk tersebut maka senjata ini bisa dioperasikan dengan posisi berdiri-duduk maupun jongkok. Maka jatuhnya sandaran popor ini tepat pada posisi tepian di atas dada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)