BSKDN Minta Pemprov Jambi Segera Daftarkan Inovasinya

Kamis, 26 Januari 2023 - 00:02 WIB
loading...
BSKDN Minta Pemprov Jambi Segera Daftarkan Inovasinya
Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo meminta Pemprov Jambi segera mendaftarkan inovasinya. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ) mengimbau Pemprov Jambi mendaftarkan inovasi yang dimilikinya. Inovasi tersebut bisa didaftarkan melalui Innovative Government Award (IGA).

Pesan tersebut disampaikan Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo saat melaksanakan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi pada Rabu, 25 Januari 2023. Yusharto berharap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jambi turut aktif menyumbangkan pemikirannya untuk mengembangkan inovasi yang dimiliki daerahnya.

Menurut Yusharto pada dasarnya inovasi tidak lahir dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang), melainkan dari OPD yang kreatif dan mau mengikuti perkembangan yang ada. "Lembaga penelitian hanya sebagai fasilitator untuk mereka (OPD) supaya mau mendaftarkan pemikiran-pemikiran kreatif yang dimilikinya," ungkapnya

Baca juga: BSKDN Kemendagri Akui Sanggau Berhasil Terapkan Sejumlah Inovasi

Yusharto mengungkapkan, inovasi yang didaftarkan dalam gelaran Innovative Government Award (IGA) setiap tahunnya baru bisa dinilai ketika usia inovasinya telah mencapai 2 tahun. Artinya inovasi tersebut sudah melewati uji coba terlebih dahulu.

Baca juga: Kemendagri: Inovasi Daerah Perlu Kolaborasi dengan Aktor Inovasi dan Stakeholder Lainnya

Yusharto menambahkan, untuk inovasi yang berumur lebih dari dua tahun bisa dilakukan pembaruan agar dapat diikutsertakan kembali dalam gelaran IGA. "Mungkin inovasi yang sudah didaftarkan di tahun 2020 ini menjadi cadangan untuk diperbarui lagi, lalu didaftarkan sebagai inovasi di tahun 2023 ini," jelasnya.

Dalam kunjungannya tersebut, Yusharto berharap Pemprov Jambi dapat mengembangkan inovasi yang menarik dan dekat dengan masyarakat. Dia mencontohkan, OPD bisa mulai menciptakan inovasi dari sesuatu yang dekat dengan masyarakat misalnya aktivitas olahraga.

"Katakanlah di Dinas Pemuda dan Olaharga, selama ini anak-anak susah banget disuruh olahraga, makanya pertumbuhannya terkendala, dalam hal ini bagaimana inovasi bisa membuat olahraga menjadi aktivitas yang menyenangkan," tuturnya.

Yusharto berharap di tahun-tahun mendatang, OPD Pemprov Jambi akan semakin baik dalam menjalankan tugasnya, terlebih dalam mengembangkan inovasi yang telah dimiliki Provinsi Jambi. Yusharto mengatakan, BSKDN mewakili pemerintah pusat terus mendorong peningkatan kualitas inovasi di daerah termasuk di Provinsi Jambi.

"Kami mendorong Provinsi Jambi untuk terus meningkatkan kualitas kematangan inovasi daerahnya, kami juga berharap Jambi akan melahirkan inovasi-inovasi yang bagus di tahun ini dan tahun-tahun mendatang," ucapnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3083 seconds (11.97#12.26)