Kunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Prabowo Ungkapkan Doa untuk Gusti Bhre

Rabu, 25 Januari 2023 - 20:00 WIB
loading...
Kunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Prabowo Ungkapkan Doa untuk Gusti Bhre
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Rabu (25/1/2023). Ini adalah kunjungan Prabowo yang kedua kalinya. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengunjungi Pura Mangkunegaran Solo, Rabu (25/1/2023). Ini adalah kunjungan Prabowo yang kedua kalinya setelah hari pertama didampingi Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Prabowo yang tiba pagi hari langsung disambut keluarga Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X di Pendopo Ageng. Prabowo pun diajak tour keliling Istana langsung didampingi KGPAA Mangkunegara X yang bernama asli Gusti Pangeran Harya (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo ini.

Dari Pendopo Ageng, Prabowo kemudian memasuki Paringgitan. Ini merupakan area pemisah antara Pendopo Ageng dan Dalem Ageng. Di sini Prabowo berhenti sejenak melihat secara seksama lukisan para penguasa Mangkunegaran dari Mangkunegara VII, VIII, dan IX dan Istrinya.

Baca juga: Keindahan Pura Mangkunegaran, Tempat Pernikahan Kaesang dan Erina

Prabowo juga sempat melihat tanda penghargaan Bintang Mahaputera Adipurna dari Presiden Republik Indonesia Soeharto kepada Pangeran Sambernyowo (KGPAA Mangkunegara I). Selanjutnya, Prabowo memasuki ruang Dalem Ageng dan terus melewati sebuah taman yang banyak ditumbuhi bunga anggrek.

Sampai di ruang keluarga tempat dipajangnya foto-foto, Prabowo pun berhenti lama, mengamati dan sekali-kali bertanya. KGPAA Mangkunegara X pun sigap menjawab seperti seorang pemandu wisata (tour guide) yang menjelaskan sejarah Istana.

Prabowo pun mengakhiri tour Istana Mangkunegaran dengan makan pagi bersama dan saling bertukar cinderamata. Prabowo memberikan KGPAA Mangkunegara X buku catatannya tentang Kepemimpinan Militer. Di halaman pertamanya sebuah doa terselip dari Prabowo untuk KGPAA Mangkunegara X.

"Kepada yang terhormat Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkoenagoro X, Semoga berkenan menerima buku ini dan semoga selalu dalam lindungan Tuhan Y.M.E dalam pengabdian kepada negara dan bangsa."
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3611 seconds (10.177#12.26)