Hasto Ungkap Sosok M Prakosa di Mata Megawati Soekarnoputri

Selasa, 24 Januari 2023 - 15:14 WIB
loading...
Hasto Ungkap Sosok M Prakosa di Mata Megawati Soekarnoputri
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memberikan sambutan saat memimpin prosesi pemakaman almarhum M Prakosa di Bantul, DIY, Selasa (24/1/2023). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan, almarhum Muhammad Prakosa merupakan sahabat Ketua Umum Megawati Soekarnoputri . Prakosa dikenal sebagai sosok yang sederhana.

"Beliau adalah sahabat Bu Mega, tidak hanya di Kabinet Gotong Royong tapi juga dipercaya dua periode sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan," kata Hasto menjawab wartawan di sela memimpin prosesi pemakaman almarhum M Prakosa di Bantul, DIY, Selasa (24/1/2023).

Menurut Hasto, Megawati merasa sangat merasakan kehilangan atas wafatnya almarhum M Prakosa. Sebab, Duta Besar RI untuk Italia itu merupakan sosok rendah hati dan teladan dalam kejujuran serta kesederhanaan.



"Sosok yang sederhana. Ibu Mega bilang bukan hanya berbicara, tapi kesederhanaan beliau juga dalam alam pikir, tapi juga alam rasa. Dalam rapat rapat partai, beliau menjadi pendengar yang sangat baik, tetapi saat menyampaikan pendapatnya itu sangat bernas," ujar Hasto.

Muhammad Prakosa meninggal dunia di Roma, Italia, pada 17 Januari 2023. Jenazahnya lalu dibawa dengan pesawat ke Indonesia, dan tiba pada 23 Januari.

Politikus kelahiran Yogyakarta, 4 Maret 1960, sempat menghabiskan masa kecilnya di Jayapura, Papua, mengikuti penugasan orang tuanya sebagai PNS. Seusai menamatkan sekolah di Yogyakarta, almarhum menempuh pendidikan tinggi di UGM Yogyakarta, Jurusan Kehutanan. Lalu di University of Tennessee dan Berkeley University di Amerika Serikat. Gelar doktor bidang resource and economic policy diraihnya dari kampus tersebut.

Baca juga: Wakili Megawati, Hasto Hadiri Pemakaman Dubes RI untuk Italia M Prakosa

Pada 1999, Presiden Abdurrahman Wahid menunjuknya menjadi Menteri Pertanian. Lalu pada 2001, Presiden Megawati Soekarnoputri menunjuknya sebagai Menteri Kehutanan, dan dikenal berprestasi dalam berusaha membasmi jejaring illegal logging yang merusak hutan Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1419 seconds (0.1#10.140)