Wakili Megawati, Hasto Hadiri Pemakaman Dubes RI untuk Italia M Prakosa

Selasa, 24 Januari 2023 - 13:23 WIB
loading...
Wakili Megawati, Hasto Hadiri Pemakaman Dubes RI untuk Italia M Prakosa
Jenazah Duta Besar RI untuk Italia, Muhammad Prakosa akan dimakamkan di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (24/1/2024). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mewakili Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan keluarga besar partai menghadiri pemakaman Duta Besar RI untuk Italia, Muhammad Prakosa di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (24/1/2024). Kader senior PDIP itu meninggal dunia Selasa (17/1/2023) pukul 10.55 waktu Roma.

Sebelum dimakamkan, jenazah M Prakosa disemayamkan di rumah duka, Pedukuhan Gresik, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipura, Bantul. Pemakaman masih berada di dekat lokasi tersebut.

Ratusan orang anggota Satgas PDIP ditugaskan mengawal prosesi upacara pemakaman almarhum Prakosa. Tampak satgas berbaju hitam dengan baret merah itu berjaga di sepanjang jalan menuju kediaman, bersama dengan warga sekitar.



Deretan karangan bunga berjejer sepanjang jalan, dari para tokoh nasional, menteri, serta pejabat negara. Dua karangan bunga diletakkan dekat dengan lokasi persemayaman jenazah. Satu karangan bunga dari Megawati, satunya dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hasto menyapa para tamu yang hadir di lokasi acara. Tampak hadir Ketua dan Sekretaris DPD PDIP Yogyakarta Nuryadi serta Totok Hedi Santosa. Tampak pula sejumlah anggota DPR dari Fraksi PDIP seperti Haris Turino dan MY Esti Wijayati.

Hasto didampingi Nuryadi serta beberapa kader partai di provinsi itu lalu mengecek kesiapan pelaksanaan acara, termasuk ke lokasi liang lahat yang berada tak jauh dari rumah persemayaman. "Saya diperintahkan oleh Ibu Megawati untuk mengawal prosesi pemakaman almarhum Pak Prakosa," kata Hasto.

Baca juga: Dipenuhi Karangan Bunga, Keluarga Muhammad Prakosa Gelar Tahlil Selama Sepekan

PDIP memberikan penghormatan terbaik atas wafatnya Prakosa dengan protokol partai. Seluruh jajaran kader PDI Perjuangan mengucapkan duka cita, serta mendoakan semoga dilancarkan jalannya dan diterima di sisi-NYA.

"Kami sungguh kehilangan sosok yang bersahaja, dan untuk itulah partai mengambil suri keteladanan dari seluruh perjuangannya," kata Hasto.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1790 seconds (0.1#10.140)