Meneladani Perjuangan Frans Seda Dalam Pembangunan Negara Indonesia

Jum'at, 20 Januari 2023 - 17:56 WIB
loading...
Meneladani Perjuangan Frans Seda Dalam Pembangunan Negara Indonesia
Ketua Panitia Seminar Nasional, Marcellus Hakeng Jayawibawa mengatakan, Franciscus Xaverius Seda atau yang lebih dikenal dengan Frans Seda tokoh nasional yang patut diteladani. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Franciscus Xaverius Seda atau yang lebih dikenal dengan Frans Seda dilahirkan di Maumere, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 4 Oktober 1926. Frans Seda merupakan salah satu tokoh berpengaruh bagi perjalanan bangsa dan negara Indonesia ini.

Untuk mengenang dan meneladani peranan Frans Seda untuk kemajuan negara Indonesia, Keluarga Besar Maumere Jakarta Raya mengadakan Seminar Nasional bertajuk "Merajut Nilai Keutamaan Frans Seda dalam menata Kemajuan Bangsa" di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (20/1/2023).

Ketua Panitia Seminar Nasional, Marcellus Hakeng Jayawibawa menyebutkan, seminar nasional ini membahas tentang keteladanan, panutan dan penghargaan atas jasa para pendahulu kita. Terutama yang kami lihat serta alami dari sosok Frans Seda baik dalam bidang pendidikan, politik, ekonomi serta banyak lagi aspek berbangsa dan bernegara.

Baca Juga: Sandi Terpukau dengan Panorama di Kafe Madona, Maumere

Marcellus mengungkapkan penyelenggaraan seminar ini diharapkan memberikan pembelajaran kepada publik mengenai peranan Frans Seda selama hidupnya. "Kami berharap dengan terselenggaranya seminar ini didapatkan sharing pembelajaran berbasis pengalaman interaksi dan kerja sama secara langsung dengan Frans Seda. Selain itu juga teridentifikasi pelajaran dan nilai-nilai keutamaan Frans Seda dalam pembangunan bangsa," katanya.



Di samping itu, seminar ini dapat menjadi penegasan relevansi nilai-nilai keutamaan Frans Seda dalam proses pembangunan bangsa Indonesia. ”Yang terpenting adalah tersedia bahan untuk kelengkapan usulan gelar Pahlawan Nasional kepada Frans Seda," katanya.

Senada, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang menjadi pembicara kunci di seminar nasional ini dalam video sambutannya mengatakan, Bangsa Indonesia bersyukur memiliki seorang tokoh yang lahir di Flores, Nusa Tenggara Timur. “Frans Seda menjadi tokoh bangsa yang telah ikut mengisi dan membangun Indonesia terutama di bidang keuangan dan ekonomi," katanya.

Menurut dia, sosok Frans Seda dapat dikatakan melampaui sebagai sosok manusia lahir di sebuah pelosok penjuru Maumere di NTT, dan kemudian terus meneruskan pendidikan serta mengabdi ke bangsa dan negara Indonesia. "Frans Seda adalah nasionalis tulen dan juga berwawasan internasional. Aktif dibidang pendidikan dengan mendirikan Unika Atma Jaya sebagai bentuk darmabakti di bidang pendidikan," katanya.

Tidak hanya itu, Frans Seda juga merupakan seorang teknokrat senior termasuk teknokrat generasi pertama yang membangun pondasi perekonomian dan keuangan negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)