Ini Daftar Pesisir yang Berpotensi Banjir Rob Akibat Fenomena Super New Moon

Selasa, 17 Januari 2023 - 08:50 WIB
Warga mendorong gerobak di tengah banjir rob yang menerjang wilayah pesisir utara Jakarta. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir pesisir atau rob di wilayah Indonesia akibat fenomena Super New Moon. Fenomena ini adalah fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

"Adanya fenomena Super New Moon pada tanggal 21 Januari 2023 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo dalam keterangan resminya, Selasa (17/1/2023).

Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut BMKG, banjir pesisir atau rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia, yakni Pesisir Aceh, Pesisir Sumatera Utara, Pesisir Sumatera Barat, Pesisir Lampung, Pesisir Kep. Riau, Pesisir Bangka Belitung.

Kemudian di Pesisir utara DKI Jakarta, Pesisir Jawa Barat, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Bali, Pesisir Nusa Tenggara Barat, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Kalimantan Tengah, Pesisir Maluku Utara, Pesisir Maluku, Pesisir utara Papua, Pesisir Papua Selatan.

Eko menegaskan potensi banjir rob berbeda waktunya di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.



"Masyarakat diimbau selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," katanya.

Baca juga: BPBD DKI: 1 RT di Koja Jakarta Utara Terendam Banjir Rob

Berikut ini lokasi dan waktu potensi terjadinya banjir pesisir atau rob:

1. Pesisir Aceh (Pesisir Sabang, Meulaboh) 19 – 26 Januari 2023
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More