Prabowo Bisa Menangi Pilpres 2024 Jika Gandeng Cawapres yang Disukai Warga NU

Sabtu, 14 Januari 2023 - 20:33 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengunjungi masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru di posko pengungsian SMP 2, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (8/12/2022). FOTO/KONTRIBUTOR MPI
JAKARTA - Lembaga Survei Nasional (LSN) menyatakan Prabowo Subianto berpeluang besar memenangi Pilpres 2024 apabila bersanding dengan calon wakil presiden (cawapres) yang disukai warga nahdliyin. Peluang juga semakin besar jika Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terus berkoalisi.

"Jika koalisi Partai Gerindra dan PKB terus berlanjut dan Prabowo didampingi calon wakil presiden yang disukai warga nahdliyin, bukan tak mungkin untuk pertama kalinya Prabowo akan menang di Jawa Timur sekaligus menang secara nasional," kata peneliti Lembaga Survei Nasional Gema Nusantara Bakry, Sabtu (14/1/2023).

Merujuk pada survei LSN yang dilakukan pada 2-11 Januari 2023, elektabilitas Prabowo di Jawa Timur berhasil mendapat 42,1% mengungguli tipis tokoh Ganjar Pranowo yang memperoleh 41,9%. Di Jawa Timur suara Prabowo dominan di wilayah Madura dan daerah tapal kuda (Timur).

Baca juga: Disandingkan Khofifah di 2024 Dongkrak Elektabilitas Prabowo di Jatim

Elektabilitas Prabowo juga meningkat ketika dirinya menghadiri acara Sinau Bareng Mbah Nun dan Kyai Kanjeng bersama tokoh NU Emha Ainun Najib (Cak Nun). Suara responden jika dikapitalisasi juga dinilai berdampai positif.



"Pengaruh Emha Ainun Najib (Cak Nun) di kalangan kaum muda nahdliyin yang cukup besar dapat dikapitalisasi dengan positif oleh Prabowo untuk mengangkat tingkat keterpilihannya di Jawa Timur," katanya.

LSN juga menyatakan elektabilitas Prabowo Subianto meningkat di Provinsi Jawa Timur. Hal itu menyusul beredarnya isu yang muncul yang menyandingkan nama Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Timur Khofifah sebagai Capres dan Cawapres pada Pemilu 2024.

Prabowo meraih peroleh suara sebesar 42,1% responden di Jawa Timur dan bersaing ketat dengan Ganjar yang memperoleh suara sebesar 41,9%. Sementara Anies berada di urutan bawah dengan perolehan suara responden 13,5%.

Baca juga: Survei LSN: Elektabilitas Prabowo di Jabar Masih Tertinggi

"Isu bakal majunya pasangan Prabowo/Khofifah yang sempat beredar belum lama ini nampaknya cukup mendongkrak elektabilitas Prabowo di Jawa Timur," kata Gema.

Survei LSN dilaksanakan pada 2-11 Januari 2022 di 6 provinsi Pulau Jawa. Survei melibatkan sebanyak 810 responden yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang berusia 17 tahun atau memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Survei menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat. Tingkat kepercayaan dalam survei ini sekira 95% dengan margin of error sebesar kurang lebih 3,5%.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More