Sejak Nama Komando Teritorium III, Ini Daftar Danjen Kopassus dari Masa ke Masa

Kamis, 12 Januari 2023 - 14:23 WIB
Danjen Kopassus merupakan pimpinan dari pasukan khusus milik TNI AD yang bertanggung jawab langsung untuk Kepala Staf Angkatan Darat. Foto DOK ist
JAKARTA - Danjen Kopassus merupakan pimpinan dari pasukan khusus milik TNI AD yang bertanggung jawab langsung untuk Kepala Staf Angkatan Darat . Dilansir dari laman resmi Kopassus, terbentuknya Kesatuan Komando Teritorium III pada 16 April 1952 merupakan cikal bakal munculnya Korps Pasukan Khusus.

Dalam sejarahnya, Kopassus telah beberapa kali berganti nama. Dilaansir dari kopassus.mil, tercatat sebanyak enam kali Korps Baret Merah ini berganti nama.

Baca juga : Pertama Dalam Sejarah Korps Baret Merah, Ayah dan Anak Jabat Danjen Kopassus

Mulai dari Kesatuan Komando Teritorium III yang menjadi Kesatuan Komando Angkatan Darat (KKAD) tahun 1953, Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang kemudian diubah menjadi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) tahun 1955, Pusat Pasukan Khusus TNI AD (Puspassus TNI AD) tahun 1966, Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha) tahun 1985, dan terakhir menjadi Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang namanya masih bertahan hingga saat ini.

Semenjak tahun berdirinya pada 1952 hingga saat ini juga telah tercatat adanya 35 sosok Danjen Kopassus (Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus) yang telah memimpin.



Baca juga : Brigjen TNI Widi Prasetijono Ditunjuk Menjadi Danjen Kopassus

Berikut deretan Danjen Kopassus dari masa ke masa :

1. Mayor Inf Moch Idjon Djanbi (1952-1956).

2. Mayor Inf RE Djailani (1956).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More