DPR dan Delegasi P20 Komitmen Mengatasi Perubahan Iklim

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 18:32 WIB
Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana (kiri) dalam acara The 8th Parliamentary Speakers’ Summit (P20) Indonesia 2022 di Gedung DPR. Foto: Ist
JAKARTA - DPR bersama para pimpinan delegasi P20 melakukan penanaman pohon di Taman Energi DPR RI, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2022). Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Putu Supadma Rudana mengatakan kegiatan itu merupakan implementasi dari ungkapan bijak, yakni the best time to plant a tree is 20 years ago but the second best time is right now.

“Pimpinan delegasi P20 didampingi segenap Fraksi, BKSAP diketuai Ketua DPR RI Puan Maharani menanam pohon di DPR. Gerakan ini kita dorong untuk membangkitkan semua pihak dan kita gaungkan agar bumi kita lebih baik, lebih bersih dan lebih hijau,” kata Putu melalui keterangannya pada Sabtu (8/10/2022).

Selaku tuan rumah P20, Putu menjelaskan DPR ingin menunjukkan bahwa DPR bersama seluruh delegasi negara-negara P20 komitmen terhadap mitigasi dan penyelesaian perubahan iklim. “Selain itu, Bangsa Indonesia adalah bangsa ramah yang betul-betul ingin mencarikan solusi yang baik terhadap tantangan global,” kata Anggota Fraksi Partai Demokrat ini.



Foto: Istimewa





Putu menuturkan, P20 ini juga momentum terbaik dalam menyosialisasikan untuk mengalihkan transisi energi dari energi fosil menuju energi berkelanjutan. Sebab, lanjut dia, DPR bersama segenap delegasi P20 terus berkomitmen dalam net zero energy menuju energi bersih.

“DPR RI telah melakukan transisi penggunaan energi dari energi fosil menjadi tenaga surya, dibuktikan melalui adanya pembangunan panel surya di Taman Energi yang dapat memenuhi 25 persen kebutuhan listrik di Gedung DPR RI,” ungkap Anggota Legislatif asal Bali ini.

Maka itu, Putu berharap momentum gerakan penanaman pohon tersebut bisa menjadi budaya keseharian bagi seluruh masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia. “Dengan momentum P20, mari kita lakukan gerakan ini dari sekarang ke depannya agar menjadi budaya yang baik dalam gerakan menanam pohon bersama,” imbuhnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More