Bertemu Menpora Malaysia, Haris Pertama Sampaikan Pentingnya Diplomasi Pemuda Malindo

Kamis, 14 Juli 2022 - 16:03 WIB
Ketua DPP KNPI Haris Pertama bersama jajarannya bertemu dengan Menteri Belia dan Sukan (Menpora) Malaysia, Datik Seri Ahmad Faisal Azumu. FOTO/IST
JAKARTA - Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama bersama jajarannya bertemu dengan Menteri Belia dan Sukan atau Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Datik Seri Ahmad Faisal Azumu. Pertemuan itu sebagai bagian dari upaya memperkuat hubungan Indonesia dan Malaysia.

Pertemuan itu dibalut dalam welcome dinner bersama organisasi kepemudaan Majlis Belia Malaysia (MBM) pada Rabu (13/7/2022) di Hotel Royal Chulan Damansara, Malaysia. Haris Pertama dalam sambutannya menyatakan pentingnya dua negara serumpun, Indonesia dan Malaysia, untuk terus memperat hubungan kedekatan, terutama pada isu yang bersinggungan langsung dengan kepemudaan.

"Di hadapan Menpora Malaysia, saya ingin menyampaikan bahwa diplomasi kedua negara harus kembali dibangkitkan, terutama yang berkaitan dengan isu ekonomi, kerukunan kedua negara maupun sektor lainnya yang mempunyai dampak langsung kepada hubungan kedua negara di tengah revolusi industri 4.0," katanya dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (14/7/2022).

Baca juga: Sambangi Pesantren NU, Ketum KNPI Haris Pertama Dikado Buku Sejarah Sunan Giri

Selain itu, Haris juga mengungkapkan tujuannya utamanya datang ke Malaysia untuk membangkitkan kembali semangat Malindo yang pernah jaya pada zaman dulu. "Jangan sampai setiap ada masalah kecil, kedua negara selalu bertikai tanpa mengeluarkan solusi yang kongkret. Sudah saatnya pemuda mengambil peran signifikan untuk kemajuan dua negara," katanya.



Presiden MBM Mohd Izzat Afifi Abdul Hamid dalam sambutannya mengapresiasi kedatangan Haris Pertama untuk mempererat hubungan kedua lembaga. "Saya menyambut dengan penuh rasa berbahagia kedatangan dari pada Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) untuk program Kunjungan ke Malaysia dalam rangka meningkatkan kolaborasi kedua organisasi besar pemuda kedua negara," ujarnya Izzat.

Sementara itu, Menpora Malaysia Datuk Seri Ahmad Faisal Azumu menjelaskan, MBM dan KNPI harus mampu bersinergi dalam berbagai bidang, seperti keterampilan, olahraga, seni, budaya, pertukaran pemuda, dan pelatihan kepemimpinan. Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia akan siap memfasilitasi kerja sama yang baik antarkedua belah pihak.

"Saya sebagai Menpora Malaysia dalam kapasitas yang dapat saya lakukan, akan siap membantu MBM dan KNPI untuk bekerja sama dalam peningkatan peran pemuda dalam meningkatkan hubungan baik kedua negara," katanya.

Dalam kunjungan kali ini, DPP KNPI dijadwalkan bertemu dengan Duta Besar RI di Malaysia, Menteri Luar Negeri Malaysia, dan Wakil Ketua DPR Malaysia. Selanjutnya rombongan akan berangkat ke Sabah memenuhi undangan MBM untuk Hari Belia Malaysia.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More