Eks Dubes RI Ungkap 9 Kejanggalan Visa Palsu 46 Calhaj Furoda yang Dideportasi

Selasa, 05 Juli 2022 - 13:39 WIB
Mantan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengungkapkan sembilan kejanggalan pada visa 46 calon haji furoda asal Indonesia usai dideportasi Pemerintah Arab Saudi. FOTO/DOK.PRIBADI
JAKARTA - Mantan Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengungkapkan sembilan kejanggalan pada visa 46 calon haji furoda asal Indonesia usai dideportasi Pemerintah Arab Saudi. Menurutnya, visa tersebut diduga palsu dan merupakan hasil editan aplikasi Adobe Photoshop.

"Dokumen yang dipakai oleh 46 CJH (Calon Jamaah Haji) adalah visa palsu alias visa produk software Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator," kata Agus kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

"Arab Saudi tidak pernah menerbitkan visa haji dengan format dan model aneh seperti itu," katanya.

Pria yang juga pernah menelusuri dokumen rahasia jaringan teroris Al-Qaeda itu setidaknya menemukan sembilan kejanggalan pada visa 46 calon haji furoda asal Indonesia tersebut. Berikut ini 9 kejanggalannya:

1. Nomor visa terdiri dari 11 digit, seharusnya 10 digit



2. Barcode sangat aneh dan tidak terbaca oleh sistem

3. Jumlah kolom berbeda dengan visa haji yang original

4. Tidak ada water mark (potongan ayat Al-Qur'an surat Al-Hujurat: 13 ditulis dengan gaya 'tsulusi' melingkar, di tengah-tengah ada lambang kurma dan pedang)

5. Font berbeda dengan yang original. Visa ori memakai font 'kufi' style kotak.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More