Tak Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila, Megawati: Seminar Bersama FRPKB Lebih Penting

Rabu, 01 Juni 2022 - 17:20 WIB
Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri menjelaskan mengapa dirinya tidak hadir dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, NTT. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri menjelaskan mengapa dirinya tidak hadir dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Mega mengaku harus menghadiri sebuah seminar yang dirasa penting.

Hal itu dikatakan Megawati saat menjadi pembicara dalam webinar Seminar Nasional Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB) secara virtual, Rabu (1/6/2022). "Saya ngomong saya presiden saya sendiri. Beliau sudah bilang sekarang di Ende. Saya pamit, kenapa? Karena ini saya anggap penting loh," ujar Megawati.

Megawati mengaku sempat mendapat banyak pertanyaan mengapa dirinya tidak hadir dalam acara tersebut. Ketua Umum DPP PDIP ini mengatakan, sudah berbagi tugas dengan jajaran pengurus BPIP lain untuk ikut dalam kegiatan upacara. "Padahal saya di sana ditanya, kenapa ibu Mega tidak muncul sebagai Ketua Dewan Pengarah BPIP? Ya biasa toh wartawan jahil, ya saya bilang karena bagi tugas. Di sana ada pengurus BPIP," katanya.





Megawati menilai, seminar yang dia hadiri bersama FRPKB lebih penting. Sebab, dirinya bisa memberi pengetahuan kepada kalangan akademisi agar dapat mewariskan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda. "Saya merasa, saya akan bertemu para rektor yang akan mengintrodusir karena rektor lah memutuskan kurikulum begini, kurikulum begitu," ungkapnya.



Di sisi lain, Presiden ke-5 RI ini mengingatkan agar seluruh pihak jangan sampai terseret arus dunia. Menurutnya, sudah sepatutnya Indonesia terus berpegangan pada ideologi Pancasila. "Supaya ini dapat kembali menjadi sebuah kurikulum yang mau enggak mau, apa boleh buat harus diutarakan. Supaya anak didik kita tahu bangsa kita ini terbentuk karena adanya Pancasila itu perekat bangsa," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menjadi Inspektur dan memimpin jalannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 di Lapangan Pancasila Ende, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati Hari Lahir Pancasila di Kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Di kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno, Proklamator kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila," ujar Jokowi dalam amanatnya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More