Mensos Juliari: Penyaluran Bansos untuk Rekatkan Potensi Sosial Bangsa

Kamis, 18 Juni 2020 - 17:18 WIB
Mensos Juliari P Batubara menyebut penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Corona merupakan upaya merekatkan potensi sosial bangsa. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Kehadiran Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara di hadapan para tokoh Betawi di Jakarta Timur membawa suasana berbeda. Dengan logat bicara ala Betawi, sambutan Mensos Juliari dipenuhi humor dan disambut riuh para tokoh dalam aksi sosial Forum Pemuda Betawi di Madrasah As As'adah, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Di hadapan para tokoh Betawi, dia mengisahkan masa kecilnya yang banyak dihabiskan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. “TK, SD, SMP, SMA, gue di Tebet. Jadi sebagai anak Jakarta, gue banyak bergaul dengan orang Betawi. Gue tahu bener sifat orang Betawi. Mestinya gue masuk nih jadi anggota Forum Pemuda Betawi,” kata Juliari dalam keterangannya, Kamis (18/6/2020).

Dalam sambutannya Mensos Juliari merasa sebagai warga Betawi, sehingga tanpa disuruh dengan sendirinya tergerak membantu dengan menyerahkan bansos sembako sebanyak 2.500 paket. Sebelum bertemu para tokoh Betawi, Juliari menyapa penyandang disabilitas rungu yang tergabung dalam Pospera (Posko Perjuangan Rakyat) Tuna Rungu. (Baca juga: Kemensos Perpanjang Program Bansos Sembako hingga Desember)



Melalui Ketua Umum DPP Pospera Indonesia Mustar Buna Ventura Manurung, Mensos diserahkan secara simbolis 200 paket sembako. “Jumlah total yang diserahkan hari ini sebanyak 200 paket sembako. Dari total sebanyak 2.500 paket. Distribusi akan dilakukan secara bertahap,” katanya.

Ayah dua anak ini memuji kegiatan DPP Pospera Indonesia yang tergerak membantu anggotanya untuk mendapatkan bansos sembako. “Semoga DPP Pospera Indonesia terus maju, dan semua kegiatannya bermanfaat untuk masyarakat luas,” katanya. (Baca juga: Kemensos Pastikan Penyaluran Bansos Tunai Diperketat)

Dalam kesempatan tersebut, Mensos menyatakan, sebagai bagian dari kebijakan jaring pengaman sosial (JPS), bansos bantuan Presiden diharapkan bisa menjangkau seluas mungkin masyarakat terdampak Covid-19. Selain kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, Kementerian Sosial juga bermitra dengan komunitas masyarakat mendistribusikan bansos. “Kami tidak hanya bekerja business as usual. Yakni hanya bekerja dengan unsur-unsur pemerintah, dalam hal ini pemerintah daerah, K/L, atau bank negara. Dalam mendistribusikan bansos, kami juga melibatkan komunitas,” kata Mensos di Jakarta.

Sejumlah komunitas itu antara lain pekerja film, sinetron dan seniman. Kemudian, Gerakan Pemuda Ansor, Gerakan Angkatan Mudah Kristen Indonesia (GAMKI), pengasuh dan pimpinan Pondok Pesantren Shohibul Muslimin Serang, dan yang terakhir kemarin, Forum Koordinasi Putra Putri Purnawirawan ABRI (FKPPI).
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More