Bernyali Besar! Kopral Ini Tolak Gagasan Prabowo Subianto

Rabu, 16 Februari 2022 - 05:56 WIB
Prajurit Kostrad TNI Angkatan Darat (AD). Foto/istimewa
JAKARTA - Seorang prajurit lazimnya melaksanakan perintah komandannya. Namun tidak bagi Slamet Pujiwara, prajurit berpangkat Kopral ini berani menolak gagasan atasannya, Prabowo Subianto yang dinilainya tidak tepat.

Meski ditolak, namun Prabowo yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) tidak marah. Prabowo bahkan mengapresiasi keberanian Kopral tersebut karena telah berani berkata jujur.

Penolakan tersebut berawal saat Prabowo yang kala itu menduduki jabatan sebagai Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu ingin menguji para perwiranya. Prabowo tidak ingin perwiranya memiliki budaya “Asal Bapak Senang (ABS)”.

“Saya jadi ingat, waktu saya jadi Komandan Batalyon 328. Saya hanya mau uji, saya mau tes budaya perwira-perwira saya ini apa benar-benar jujur, terbuka atau apakah sudah terjangkit ABS. Jangan-jangan perwira saya hanya tunduk sama saya karena pangkat saya, jabatan saya,” ucap Prabowo dalam buku biografinya berjudul “Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto” dikutip Rabu (16/2/2022).





Mantan Danjen Kopassus itu menuturkan, pada suatu sore dirinya mengumpulkan semua perwiranya. Sebagian besar lulusan AKABRI dan juga lulusan Secapa di lapangan upacara batalyon. Waktu itu, lapangan upacara batalyon di kelilingi pohon-pohon yang rindang.

”Saya paham bahwa pohon-pohon itu sangat penting untuk kesejukan. Dari segi lingkungan hidup, pohon ini sangat penting. Tapi saya mau uji coba perwira-perwira saya. Saya bilang para perwira pohon-pohon ini menurut kamu gimana? Menurut saya pohon-pohon ini sebaiknya kita tebang saja ya, kalian sependapat tidak?” tanya Prabowo



Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More