2,6 Juta Dosis Vaksin Moderna Donasi Jerman Tiba di Indonesia

Jum'at, 24 Desember 2021 - 16:25 WIB
Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19. Foto/Antara/Humas Kemenkominfo
JAKARTA - Indonesia kembali kedatangan vaksin Covid-19 . Hari ini, vaksin Covid-19 tahap ke-171 dan 172 tiba di Tanah Air.

“Sebanyak 2.688.000 dosis vaksin Moderna merupakan donasi Jerman melalui COVAX dan 342.810 dosis vaksin Pfizer yang berasal dari pembelian langsung,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam keterangannya, Jumat (24/12/2021).

Dia mengungkapkan, pemerintah Indonesia juga telah menerima donasi vaksin Moderna dari Pemerintah Jerman sebanyak 2.389.400 dosis pada Rabu (22/12/2021). “Untuk itu, pemerintah Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Jerman atas dukungan mempercepat vaksinasi nasional,” katanya.



Kata Usman, kedatangan vaksin di penghujung 2021 ini menandai konsistensi pemerintah Indonesia dalam upaya mencukupi kebutuhan vaksin bagi masyarakat. Pemerintah Indonesia akan terus mengupayakan kedatangan vaksin, baik melalui jalur bilateral maupun multilateral.



Dia mengatakan, semenjak kedatangan vaksin perdana yakni awal Desember 2020 hingga hari ini, Indonesia sudah kedatangan vaksin sebanyak 432.9 juta dosis vaksin baik dalam bentuk bulk atau bahan baku dan jadi. “Vaksin dalam bentuk bulk tersebut sudah selesai diolah menjadi vaksin jadi. sehingga total vaksin jadi yang datang dan hasil olahan adalah lebih dari 400 juta dosis,” ujar Usman.

Dia menuturkan, seluruh vaksin yang datang itu adalah bagian dari upaya pemenuhan kebutuhan vaksin bagi masyarakat. Banyaknya jumlah penduduk Indonesia membuat kebutuhan vaksin juga sangat banyak.

Apalagi dengan dimulainya program vaksinasi untuk anak, maka kebutuhan vaksin Indonesia meningkat hampir 70 juta dosis. “Karenanya, sejak awal, Pemerintah Indonesia melakukan upaya diplomasi untuk bisa secara cepat dan lancar mendapatkan akses vaksin,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, ada sebelas jenis vaksin Covid-19 yang sudah mendapatkan izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Khusus usia anak, vaksin yang baru mendapat izin BPOM adalah Sinovac.

Namun selain itu, masyarakat diimbau untuk tidak pilih-pilih merek vaksin, karena semua merek vaksin yang disediakan pemerintah sama aman dan berkhasiatnya. “Jangan ambil risiko dengan menganggap pandemi telah berakhir. Di samping tetap menjaga dan menjalankan protokol kesehatan,” tegasnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(rca)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More