Pengusaha Depo Air Isi Ulang Tolak Rencana Pelabelan Galon oleh BPOM

Selasa, 07 Desember 2021 - 11:51 WIB
Pengusaha depo air isi ulang menolak wacana pelabelan galon polycarbonate oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). FOTO/IST
JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (Apdampindo) Budi Dharmawan menolak wacana pelabelan galon polycarbonate oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM ). Dia menduga rencana kebijakan itu memiliki motif persaingan usaha.

Budi menganggap, isu risiko Bisphenol-A (BPA) pada galon guna ulang tidak lebih dari sekedar persaingan usaha. Sebab, sejatinya galon guna ulang telah mendapat izin edar selama lebih dari 30 tahun dan banyak digunakan oleh pengusaha kecil di depo-depo air isi ulang.

"Saya tak heran, sejak kemunculan produk AMDK dengan galon kemasan sekali pakai, lalu diiringi dengan munculnya isu galon guna ulang mengandung BPA. Ini murni persaingan usaha," kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Demi Lindungi Anak-anak, Komnas PA Dukung Pelabelan Galon Isi Ulang Bebas Zat BPA





Hal senada disampaikan, Ketua Asosiasi di Bidang Pengawasan dan Perlindungan terhadap Para Pengusaha Depot Air Minum (Asdamindo), Erik Garnadi. Menurutnya, isu BPA pada galon guna ulang dan dorongan terhadap pelabelan galon oleh BPOM adalah persaingan usaha.

"Saya sangat menyesalkan munculnya isu negatif tentang galon guna ulang tersebut mengingat hal itu sangat mempengaruhi para pengusaha depot air minum yang notabene adalah masyarakat kecil," katanya.

Erik menegaskan bahwa usaha depot air minum telah dilindungi oleh undang-undang. "Berdasarkan Permenkes No 43 Tahun 2014 tentang Higienis dan Sanitasi Depot Air Minum. Kami menjalankan usaha dengan aturan kesehatan yang ketat. Juga ada aturan yang diterbitkan Kemenperin dan Perdagangan No 651/MPP/KEP/10-2004 tentang Persyaratan Teknis Air Minum dan Perdagangan Menteri Perindustrian dan Perdagangan, termasuk penggunaan kemasan galon berbahan polycarbonate (PC)," katanya.

Baca juga: Dokter dan Pakar Pangan: Air Galon Guna Ulang Aman dan Belum Pernah Sebabkan Kanker
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :