8 Strategi Hadapi Ancaman Gelombang Ketiga Covid-19, Nomor 6 Kerahkan Nakes Cadangan

Kamis, 18 November 2021 - 09:17 WIB
Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat tidak terlena dengan status tersebut karena ancaman gelombang ketiga yang diprediksi terjadi pada akhir tahun masih mungkin terjadi. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
JAKARTA - Indonesia telah dikategorikan level 1 risiko penularan Covid-19 pada akhir Oktober lalu oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Kendati demikian, kewaspadaan dinilai tetap yang utama, apalagi saat ini sejumlah negara tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19 .

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi meminta masyarakat tidak terlena dengan status tersebut karena ancaman gelombang ketiga yang diprediksi terjadi pada akhir tahun masih mungkin terjadi. Maka itu, Nadia mengimbau masyarakat di Tanah Air maupun yang hendak masuk ke Indonesia harus tetap disiplin menjalani protokol kesehatan dan mematuhi setiap kebijakan yang dibuat pemerintah.

“Tidak ada toleransi bagi pihak yang melanggar ketentuan,” kata Nadia dikutip dalam keterangannya, Kamis (18/11/2021).



Untuk menyikapi ancaman gelombang ketiga, Kemenkes memiliki sejumlah strategi yang terus dilakukan untuk mempertahankan kondisi Covid-19 seperti saat ini bahkan terus berupaya menurunkan kasusnya lagi.



Berikut upaya-upaya yang dilakukan:

1. Penanganan Covid-19 melalui deteksi dengan meningkatkan tes epidemiologi

2. Meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak

3. Upaya pelacakan dan pemantauan genom virus SARS-CoV-2 atau yang disebut surveilans genomic
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More