Penjelasan Jokowi Kukuhkan Purna Paskibraka Jadi Duta Pancasila

Kamis, 19 Agustus 2021 - 05:41 WIB
Presiden Republik Indonesia, Jokowi menyebutkan alasan Purnapaskibraka dikukuhkan sebagai Duta Pancasila, agar nilai Pancasila diterapkan secara kekinian. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan alasan Purnapaskibraka dikukuhkan sebagai Duta Pancasila . Hal ini di latar belakangi keinginan Jokowi agar nilai Pancasila diterapkan secara kekinian.



"Dengan pendekatan yang lebih kekinian sehingga nilai-nilai Pancasila ini bisa tertanam di generasi muda kita lewat saudara-saudara semuanya. Karena tanpa itu kita nggak bisa membayangkan negara sebesar ini, dengan perbedaan-perbedaan yang begitu sangat," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi memanggil satu per satu purnapaskibraka dari Papua dan Aceh. Jokowi mengatakan hal itu menandakan Indonesia sangat luas.

Jokowi mengatakan bahwa ini merupakan sebuah langkah terobosan karena anggota Paskibraka merupakan putra-putri terbaik, putra-putri pilihan dari seluruh penjuru Tanah Air.



"Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, mendapatkan tugas yang tidak ringan yaitu memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan anak-anak muda dan yang paling penting menjaga agar Pancasila tetap kokoh sebagai pemersatu bangsa," ujar Jokowi.

Jokowi berharap, Purna Paskibraka nantinya dapat memotivasi generasi penerus bangsa untuk menanamkan nilai-nilai persatuan.

"Inilah saya kira kekuatan kita ke depan yang terus harus kita rawat dan saya harapkan saudara-saudara nanti menjadi motivator bagi anak-anak muda lainnya, berbagi pengalaman mendorong prestasi, membentuk kesadaran akan nilai-nilai dan tergerak untuk merajut simbol-simbol persatuan, menjadi pelopor perubahan dan kemajuan yang bermanfaat bagi nusa bangsa dan negara," jelas Jokowi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More