Membaca Peluang Ganjar dan Sandi di Pilpres 2024

Selasa, 17 Agustus 2021 - 15:54 WIB
Survei terbaru Charta Politika mendapatkan elektabilitas Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencapai 20,6% mengalahkan tokoh lainnya. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kerap menempati posisi teratas dalam survei elektabilitas calon presiden ( capres) 2024 yang dilakukan sejumlah lembaga. Survei terbaru Charta Politika mendapatkan elektabilitas Ganjar mencapai 20,6% mengalahkan tokoh lainnya.

Posisi selanjutnya, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dengan elektabilitas sebesar 17,8%, Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto 17,5%, Sandiaga Uno sebesar 7,7%, Ridwan Kamil sebeswr 7,2%, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 4,2%.

"Salah satu kluster yang menjadi sorotan untuk tokoh capres yang paling banyak mendapat simpati saat ini adalah Ganjar," kata pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia Jakarta, Ujang Komarudin, Senin (16/8/2021).

Baca juga: Viral Video 3 Gubernur Lomba Makan Kerupuk Secara Online, Ganjar Juaranya





Ujang Komarudin yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) mengatakan, meski Ganjar merupakan politikus PDIP, tapi partai berlambang banteng itu belum resmi memilihnya. Hal ini sama dengan Sandiaga Uno, yang belum ada lampu hijau dari Partai Gerindra untuk dirinya maju dalam Pilpres 2024.

Ujang menyatakan peta perjalanan menuju Pilpres 2024 akan dimulai pada 2022. Sejak 20 bulan sebelum dilaksanakan Pilpres, partai politik sudah mulai bergerak mencari kandidat terbaik yang diusung partainya.

"Politik menuju Pilpres 2024 itu tidak lama, semua akan cepat dan dinamis, apalagi incumbent tidak bisa berpartisipasi kembali dalam Pemilu 2024. Beberapa waktu terakhir pun, partai politik sudah mulai bergerak memperkenalkan sosok pimpinan partai mereka masing-masing," kata Ujang Komarudin.

Baca juga: Ganjar Kalahkan Anies dan Prabowo di Survei Charta Politika
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :