PPKM Darurat, Menkes Targetkan Testing Covid-19 400.000 Sehari

Jum'at, 02 Juli 2021 - 14:05 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin menargetkan testing COVID-19 mencapai 400.000 per hari. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Menteri Kesehatan ( Menkes ) Budi Gunadi Sadikin mendukung pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat dengan meningkatkan 3T, yakni testing , tracing, dan treatment, terutama di daerah yang kasus penularannya tinggi.

"Kita akan meningkatkan testing dan tracing kita, 3 sampai 4 kali lipat dari yang ada sekarang, seperti di negara-negara lain yang sedang naik tinggi kasusnya," kata Budi dikutip dari laman Kemenkes, Jumat (2/7/2021).

Budi mengatakan saat ini kapasitas testing harian di Indonesia sekitar 100.000 per hari. Dengan target ini maka capaian testing per hari bisa mencapai 400.000.

Baca juga: Wapres: Banyak Provinsi Testing dan Pelacakan Corona Belum Standar WHO





Untuk mencapai target tersebut, setiap kabupaten/kota telah ditetapkan target harian yang harus dikejar. Penguatan testing ini sesuai dengan panduan dari WHO.

Budi pun menegaskan bahwa penguatan testing akan diprioritaskan untuk mempercepat penemuan kasus suspek dan kontak erat dari kasus terkonfirmasi, bukan digunakan untuk skrining maupun syarat perjalanan.

"Prioritas testing kita perbaiki, testing ini untuk kepentingan epidemiologi bukan untuk testing skrining, jadi benar-benar kita kejar suspek dan kontak eratnya," katanya.

Untuk keperluan pelacakan, pemerintah daerah boleh menggunakan pemeriksaan Swab PCR maupun RDT Antigen. RDT Antigen diutamakan bagi daerah yang alat diagnosisnya terbatas, sehingga hasilnya bisa diketahui lebih cepat dan tes dapat dilakukan secara masif sehingga dapat mempercepat tracing.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More