Awas Varian Delta! Kasus Corona Naik 10 Kali Lipat dalam Sebulan

Selasa, 29 Juni 2021 - 09:39 WIB
Kasus Covid-19 (virus Corona) di Indonesia saat ini terus mengalami lonjakan. Dalam sehari, penambahan Covid-19 tembus di angka lebih dari 21.000 kasus. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
JAKARTA - Kasus Covid-19 (virus Corona) di Indonesia saat ini terus mengalami lonjakan. Dalam sehari, penambahan Covid-19 tembus di angka lebih dari 21.000 kasus.



Tjandra yang pernah menjabat sebagai Mantan Direktur World Health Organization (WHO) Asia Tenggara dan Dirjen P2P Kementerian Kesehatan juga mengingatkan bahwa peningkatan kasus Covid-19 yang tajam ini salah satu penyebabnya ada varian Delta.

"Saya sangat setuju bahwa varian Delta ini tentu harus diwaspadai, akan tetapi kita tahu bahwa kenaikan biasanya tidak hanya satu faktor. Ada beberapa faktor, satu diantara yang sekarang adalah memang varian Delta," ucapnya.

Tjandra menjelaskan, World Health Organization (WHO) telah mengingatkan bahwa ada empat poin yang harus diwaspadai dari varian Delta ini. Pertama, varian Delta ini lebih mudah menular.



"Tentu, perkembangan ilmu terus berubah kalau tadi baca dari pernyataan WHO bahwa sebenarnya ada 4 poin yang bahwa varian Delta ini memang sudah sangat menular, terbukti sejak beberapa waktu yang lalu," jelas Tjandra.

Kedua, kata Tjandra, varian Delta ini juga menurunkan efikasi vaksin. Ketiga, bisa menimbulkan infeksi ulangan, dan keempat memperparah kondisi pasien sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. "Kemudian jelas memang menurunkan efikasi vaksin. Lalu, jelas lebih mudah infeksi ulangan, sekali lagi jelas lebih mudah masuk rumah sakit," katanya.

Bahkan, kata Tjandra, pernyataan WHO terkait kewaspadaaan varian Delta ini selalu ada dalam laporan mingguannya. "Ini juga sudah beberapa kali keluar dari weekly report dari WHO, bisa juga dalam weekly report akan berubah lagi," tutupnya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(maf)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More