Boy Rafli Akui BNPT Terlibat dalam Profiling Pegawai KPK

Kamis, 27 Mei 2021 - 17:25 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengakui pihaknya ikut terlibat dalam tes wawasan kebangsaan (TWK). FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme ( BNPT ) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengakui pihaknya ikut terlibat dalam tes wawasan kebangsaan (TWK) . Tes adalah bagian dari rangkaian proses alih status pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah koordinasi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Berkaitan dengan BNPT dalam kegiatan TWK yang dilakukan oleh BKN, jadi Badan Kepegawaian Negara meminta surat kepada BNPT untuk membantu kegiatan profiling tes CPNS dan kami menugaskan unit kerja kami untuk melakukan profiling," kata Boy saat menjawab pertanyaan dari Anggota Komisi III DPR terkait dengan TWK dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (27/5/2021).

Menurut Perwira Tinggi Polri ini, karena jumlah orang yang dites lebih dari 1.000 orang, waktu itu ada diskusi yang ternyata tidak hanya melibatkan BNPT untuk profiling. Kemudian, BNPT menugaskan pejabat setingkat eselon 3 untuk membantu profiling dalam tim BKN.

Baca juga: Pemberhentian 51 Pegawai KPK Disebut Pembangkangan Terhadap Perintah Presiden





"Kemudian juga ada petugas kami di tingkat Eselon 3 yang maaf tidak kami sebutkan namanya, untuk bersama-sama dengan Tim BKN. Jadi, kami bersama dengan BKN untuk berkoordinasi terkait hal ini," ungkapnya.

Boy menegaskan, berkaitan dengan siapa yang lulus atau tidak lulus, ada mekanisme yang diterapkan oleh BKN selaku penyelenggara tes. Yang jelas, pihaknya hanya membantu profiling dan menjadi assessor. "Jadi benar kami diminta pertama untuk membantu profiling," kata Boy.

"Kedua dalam tahapan-tahapan tes CPNS yang berjalan, ada personel kami yang tergabung di bawah koordinasi Tim CPNS di bawah koordinasi BKN dalam hal ini sebagai assessor. Demikian yang saya hormati Habib Aboe Bakar," katanya.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKS, Aboe Bakar Al Habsyi menanyakan keterlibatan BNPT dalam TWK pegawai KPK. Bendahara DPP PKS ini juga mempertanyakan, sejauh mana keterlibatan BNPT dalam TWK itu.

Baca juga: BKN Sebut Keputusan Pegawai KPK Sudah Sesuai Arahan Presiden Jokowi



"BNPT disebut sebagai satu pihak yang dilibatkan dalam tes wawasan kebangsaan yang dilaksanakan untuk Pegawai KPK. Apa ini benar Mas Boy? Lantas apa peran yang dilakukan BNPT, apakah membantu materi pada TWK tersebut atau BNPT dilibatkan sebagai tim assessor," tanya Aboe dalam RDP.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
(abd)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More