Dapat Marga Sitepu, La Nyalla Sampaikan Empati ke Petani Karo

Jum'at, 18 September 2020 - 13:23 WIB
Tokoh adat Karo, Malem Ukur Ginting memakaikan pakaian adat ke Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto/dok DPD
JAKARTA - Kunjungan kerja hari ketiga ke Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mendapat gelar marga Sitepu dari tokoh adat Karo, Malem Ukur Ginting.

Pemberian marga tersebut dilakukan di Aula Kantor Bupati Karo, di Kabanjahe, Karo, Kamis 17 September 2020. “Sejak hari ini, Bapak resmi bernama AA La Nyalla Mahmud Mattalitti Sitepu. Sekaligus menjadi saudara dari senator kami, Ibu Badikenita Sitepu. Bapak juga sekaligus sudah menjadi warga Karo,” ujar Malem seraya memakaikan baju adat khas Karo dengan disaksikan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Dalam sambutannya, LaNyalla menyampaikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya kepada masyarakat Karo, atas pemberian marga Sitepu kepada dirinya.

“Saya berterima kasih telah mendapat saudara baru di Kabupaten Karo. Sepertinya saya harus lebih sering ke sini,” tukasnya.

La Nyalla juga menyampaikan rasa empati kepada Pemerintah Kabupaten dan masyarakat Karo, yang terkena dua musibah sekaligus, yakni pandemi Covid-19 dan dampak erupsi Gunung Sinabung, yang hingga saat ini masih berada di siaga level III.



“Kami sangat bisa merasakan, terutama apa yang dirasakan para petani yang lahan dan kebunnya terdampak erupsi dan terpapar debu vulkanik Gunung Sinabung. Seperti yang dialami para petani dari enam kecamatan di Karo, beberapa waktu lalu. Akibatnya 7 ribu hektare lahan hortikultura rusak, dengan kerugian mencapai Rp. 170 milyar,” ungkap La Nyalla.

Dia menambahkan, dampak pandemi Covid-19 yang melambatkan ekonomi dan daya beli masyarakat juga menghantam para petani jeruk Karo. Karena pada musim panen kali ini, harga jual turun drastis.

“Kiranya Pemkab Karo dapat mencari jalan keluar dengan membuka pasar baru, selain pasar yang sudah eksisting dan melemah saat ini,” harap La Nyalla.

Dalam kunjungan kerja di Karo, DPD juga meneruskan sejumah bantuan dari BNPB dan Kementerian Kesehatan. Dengan rincian dari BNPB terdiri atas 4.000 masker dan 40 dirigen hand sanitizer. Sedangkan dari Kemenkes terdiri atas 1.000 masker, 1.000 alat rapid test dan 400 set baju hazmat.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More