Perjalanan Karier Militer Prabowo: Lulus Akmil 1974 hingga Terima Pangkat Jenderal Bintang 4 Kehormatan

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 11:35 WIB
Presiden Jokowi memberikan pangkat Jenderal Kehormatan TNI kepada Prabowo Subianto dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024). Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto adalah Presiden terpilih RI periode 2024-2029. Dia memenangkan Pilpres 2024 bersama Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Prabowo lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Dia merupakan putra dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar.





Jauh sebelum memasuki ranah politik, Prabowo lebih dulu berkecimpung di dunia militer. Namanya cukup terkenal dengan berbagai riwayat jabatan penting yang pernah didudukinya.

Perjalanan Karier Militer Prabowo Subianto

Karier militer Prabowo bermula ketika masuk Akademi Militer (Akmil). Salah satu alasan dirinya masuk militer karena memiliki kenangan bersama pamannya Soebianto Djojohadikusumo yang gugur dalam Pertempuran Lengkong pada 25 Januari 1946.

Setelah menjalani pendidikan, Prabowo lulus pada tahun 1974. Setelah itu, dia mulai membangun karier militernya secara perlahan.

Saat awal dinasnya, Prabowo banyak mengabdikan diri di pasukan khusus Angkatan Darat, Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha). Pada 1976, dia pernah dipercaya menjadi Komandan Peleton Grup I Kopassandha yang menjadi salah satu bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Timur.

Menariknya, Prabowo waktu itu masih berumur sekitar 26 tahun. Alhasil, dia menjadi salah satu komandan termuda dalam operasi Tim Nanggala.

Mengutip laman Kementerian Pertahanan, Prabowo juga pernah menjadi Komandan Kompi Komando Grup 1 Kopassandha pada 1977. Beberapa tahun berselang, dia ditunjuk menjadi Wakil Komandan Detasemen-81 Kopassus (1983-1985).
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More