Ahmad Muzani Disepakati Jadi Calon Ketua MPR 2024-2029

Rabu, 02 Oktober 2024 - 22:32 WIB
Rapat gabungan fraks partai politik dan unsur kelompok DPD, Rabu (2/10/2024) malam, menyepakati Ahmad Muzani menjadi calon Ketua MPR periode 2024-2029. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Ahmad Muzani disepakati menjadi calon Ketua MPR periode 2024-2029. Nama Ahmad Muzani disepakati dalam rapat gabungan fraksi partai politik dan unsur kelompok DPD, Rabu (2/9/2024).

"Telah disepakati dalam rapat gabungan ini, adalah calon yang diusulkan dari Fraksi Partai Gerindra, namanya adalah sahabat saya kolega saya di pimpinan MPR periode yang kemarin, namanya Bapak H Ahmad Muzani," kata Ketua Fraksi PDIP di MPR Ahmad Basarah dalam konferensi pers di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024) malam.

Basarah mengatakan, keputusan penunjukkan Ahmad Muzani telah disepakati secara musyawarah yang dipimpin oleh pimpinan MPR sementara. Dalam komposisi pimpinan MPR, Muzani akan didampingi oleh 8 Wakil Ketua MPR.



"Beliau akan didampingi oleh 8 para Wakil Ketua MPR yang telah ditetapkan oleh masing-masing fraksi-fraksi politik di MPR, yang masih menunggu calon wakil ketua MPR adalah dari unsur kelompok DPD RI yang mereka masih rapat pada malam ini untuk menentukan nya," ujarnya.

PDIP Tunjuk Bambang Pacul Jadi Wakil Ketua MPR

Sementara itu, Fraksi PDIP telah menetapkan Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul untuk menjadi Wakil Ketua MPR periode 2024-2029. Ahmad Basarah mengatakan, DPP PDIP telah memutuskan adanya pergantian pada posisi pimpinan MPR karena dirinya sudah dua periode di posisi tersebut.

"Nah, dalam rangka tour of duty, maka yang akan melanjutkan pimpinan MPR berikutnya dari Fraksi PDIP adalah senior partai yang sudah cukup lama berdinamika dan berdialetika di DPR ini ya, sudah lebih 20 tahun," kata Basarah di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024).



Menurut dia, kader yang sudah lama malang melintang di Parlemen ini sudah saatnya hijrah penugasan dari sebelumnya fokus di DPR, kini ke lembaga MPR. "Nama tokoh senior partai tersebut adalah Ir. Bambang Wuryanto," ujarnya.
(abd)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More