3 Nama Kandidat Menhan Kabinet Prabowo-Gibran dari Jenderal Dudung hingga Agus Subiyanto

Jum'at, 27 September 2024 - 15:06 WIB
Ada tiga nama yang berpotensi menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) di kabinet Prabowo-Gibran. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Tidak lama lagi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029. Pelantikan ini Dijadwalkan digelar pada Minggu 20 Oktober 2024.

Dari penelusuran SINDOnews, Jumat (27/9/2024), ada tiga nama yang berpotensi menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) di kabinet Prabowo-Gibran. Tiga nama tersebut yakni mantan KSAD Jenderal TNI (Purn) Dudung Abdurachman, Letnan Jenderal (Letjen) TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin, dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Jenderal Dudung merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 yang berasal dari kecabangan Infanteri. Jabatan terakhir Jenderal Dudung sebelum menjadi KSAD adalah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).



Sedangkan Letjen Sjafrie Sjamsoeddin merupakan lulusan Akmil 1974, yang berasal dari kecabangan Infanteri (Kopassus). Jabatan terakhir jenderl tiga ini Sekjen Kemhan.



Sementara Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto merupakan jebolan Akmil 1991, dari Kopassus. Sebelumnya dia menjabat KSAD.

Sebelumnya, komposisi menteri di kabinet Prabowo Subianto-Gibran masuk tahap finalisasi. Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebutkan, kabinet mendatang sudah mengerucut.

"Saya bukan yang akan umumin, jadi saya enggak paham. Cuma ya saya kira finalisasi, sudah mulai mengerucut," kata Muzani saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (25/9/2024).

Namun, Muzani mengaku tak mengetahui pasti pengerucutan komposisi kabinet sudah sejauh apa. Dia memperkirakan, pengerucutan pembentukan kabinet sudah ke tahap jumlah nomenklatur dan nama calon menteri.

"Tetapi itu belum mengerucut, apa, sudah mulai mengerucut portofolio, mungkin jumlah dan nama-nama," tutur Muzani.
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More