Panglima Kostrad Melenggang Jadi KSAD di Era Jokowi, Nomor 2 dan 4 Menantu Legenda Militer Indonesia

Minggu, 08 September 2024 - 18:03 WIB

4. Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc



FOTO/DOK.PUSPENAD

Pangkostrad yang melenggang menjadi KSAD di era Presiden Jokowi selanjutnya adalah Maruli Simanjuntak. Lulusan Akmil 1992 itu dilantik menjadi Panglima Kostrad pada 31 Januari 2022. Maruli kemudian diangkat menjadi KSAD pada 29 November 2023 hingga saat ini.

Maruli Simanjutak memiliki karier yang cemerlang. Beberapa jabatan mentereng yang pernah diemban antara lain Dan Grup 2/Para Komando, Dan Grup A Paspampres, Danrem 074/Warastratama, dan Kasdam IV/Diponegoro.

Tentara kelahiran Bandung, 27 Februari 1970 itu kemudian dipercaya sebagai perisai hidup Presiden Jokowi menjadi Danpaspampres pada 2018. Dua tahun kemudian Maruli mendapat promosi menjadi Pangdam IX/Udayana.

Jabatan menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan itu terus naik. Maruli diangkat menjadi Pangdam IX/Udayana pada 18 November 2022. Belum genap tiga bulan, ia diangkat menjadi Pangkostrad. Lalu pada 7 Desember 2023, Maruli dilantik menjadi KSAD dan menjabat hingga saat ini.

Itulah sejumlah Pati TNI yang pernah menjabat Pangkostrad dan melenggang menjadi KSAD di era Presiden Jokowi.
(abd)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More