Megawati Soekarnoputri Tak Hadiri Sidang Tahunan MPR, Ada Apa?

Jum'at, 16 Agustus 2024 - 11:35 WIB
Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tak hadir di Sidang Tahunan MPR bersama DPR dan DPD hari ini. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tak hadir di Sidang Tahunan MPR bersama DPR dan DPD hari ini. Padahal, Megawati dikabarkan bakal hadiri Sidang Tahunan itu.

Dari pantauan di lapangan, sejak pukul 07.00 WIB, Megawati tak terlihat hadir ke Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (16/8/2024) pagi.

Hanya putrinya yang juga Ketua DPR RI Puan Maharani dan kader PDI Perjuangan yang juga menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas.





Begitu juga di dalam ruang sidang, Megawati juga tak terlihat. Di daftar bangku mantan pejabat, hanya terlihat Wapres ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Wapres ke-6 Try Sutrisno.

Politikus PDIP Aria Bima mengaku tidak mengetahui ketidakhadiran Megawati. "Saya belum tahu kepastianya soal hadir atau tidaknya. Bagi saya, kalau Ibu dalam kondisi yang sehat, badan yang sehat, pasti beliau hadir," kata Aria di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2024).



Aria mengaku mengetahui Megawati tengah berada di Jakarta. Namun, dia tak menjelaskan belum terlihatnya Megawati di Kompleks Parlemen. "Saya enggak ngerti, setahu saya ada di Jakarta," ucap Aria.

Di sisi lain, dia menyinggung soal kondisi politik yang menjadi keprihatinan Megawati. Bagi Megawati, lanjut Aria, proses demokrasi mulai mundur.

"Persoalan politik itu menjadi keprihatinan dari Ibu Mega selaku Ketua Umum Partai terkait dengan proses pengembangan kita dalam kehidupan demokrasi yang dianggap mundur. Itu adalah persoalan yang tentunya di bawah berbagai hal yang menyangkut visi kenegaraan kita," ucap Aria.

Sebelumnya, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri disebut hadir dalam Sidang Tahunan MPR bersama DPR RI dan DPD RI. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar. "Mantan presiden itu yang hadir itu Megawati, hadir," ujar Indra di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2024.

Sementara, Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga telah dikonfirmasi tak hadir. SBY tengah berada di Pacitan untuk menghadiri syukuran Museum SBY-Ani Yudhoyono.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More