DPR Tunggu DIM RUU TNI, Polri, hingga Kementerian Negara

Kamis, 11 Juli 2024 - 19:55 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani. Foto/SINDOnews/Felldy Utama
JAKARTA - DPR sampai saat ini belum menerima Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) dari Pemerintah terkait empat Rancangan Undang-Undang (RUU) yang telah dikirimkan Surat Presiden (Surpres) sebelumnya. Penegasan ini disampaikan oleh Ketua DPR, Puan Maharani.

"Terkait dengan UU atau RUU dari empat UU yang tadi ditanyakan, belum ada DIM nya, jadi baru ada surpres nya. Jadi kita masih menunggu DIM dari pemerintah," kata Puan di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (11/7/2024).

Oleh karena itu, Puan mengaku belum mengetahui isi sekaligus kapan pembahasan empat RUU ini akan dilaksanakan. Menurutnya, semua itu bisa terjawab ketika pemerintah telah mengirimkan DIM tersebut.



"Bagaimana, seperti apa, sampai sekarang belum ada. Nanti kalau sudah ada baru kita akan bahas," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Staf Khusus (Stafsus) Presiden Bidang Hukum Dini Purwono mengungkapkan Daftar Inventarisasi Masalah (DIM) empat Rancangan Undang-Undang (RUU) sedang disusun.

Hal tersebut menanggapi empat Surat Presiden (Surpres) terkait RUU Kementerian Negara, RUU TNI, RUU Polri, dan RUU Keimigrasian yang diterima DPR.

"Saat ini daftar inventarisasi masalah dari 4 RUU tersebut sedang disusun oleh Kemenko Polhukam untuk RUU TNI dan RUU Polri, Kemenkumham untuk RUU Imigrasi, dan Kemenpan RB untuk RUU Kementerian Negara," kata Dini, Kamis (11/7/2024).
(maf)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More