9 Komjen Polisi yang Baru Mendapat Pangkatnya di Tahun 2023, Salah Satunya Mantan Kepala Densus 88

Sabtu, 11 Mei 2024 - 07:42 WIB
Komjen Pol Marthinus Hukom mendapatkan pangkat Komjen Polisi ketika mendapat jabatan sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 8 Desember 2023 setelah sebelumnya menduduki posisi Kadensus 88 AT Polri. Foto/Setneg
JAKARTA - Terdapat sembilan Komjen Polisi atau perwira tinggi (Pati) Polri bintang tiga yang baru mendapatkan pangkatnya pada tahun 2023. Untuk saat ini terdapat total 15 Pati Polri yang telah menyandang pangkat jenderal bintang tiga.

Pangkat Komisaris Jenderal atau Komjen dalam Polri bisa dibilang sebagai pangkat yang tertinggi, karena pangkat Jenderal Polisi hanya dimiliki oleh Pati yang menjabat sebagai Kapolri saja.





Terdapat 15 posisi yang dapat ditempati oleh Komjen Polisi. Tujuh di antaranya berada di struktur organisasi Polri dan sisanya ada di luar struktur organisasi Polri.

9 Komjen Polisi yang Baru Mendapat Pangkatnya di Tahun 2023

1. Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho



Komjen Rudy pada 11 Desember 2023 didapuk sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Dari jabatannya itulah dia naik pangkat menjadi Komjen. Sebelumnya, Rudy merupakan Pati Polri bintang dua atau Irjen yang menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten.

2. Komjen Pol Marthinus Hukom



Alumni Akpol 1991 ini mendapatkan pangkat Komjen Polisi ketika mendapat jabatan sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) pada 8 Desember 2023. Sebelumnya, pria kelahiran 30 Januari 1969 tersebut menduduki posisi Kadensus 88 AT Polri berpangkat Irjen Polisi. Jabatan itu diembannya sejak tahun 2020 lalu.

3. Komjen Pol Putu Jayan Danu Putra

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More