4 KSAU Termuda Sepanjang Sejarah RI, Semua Berusia di Bawah 40 Tahun saat Dilantik

Rabu, 13 Maret 2024 - 18:10 WIB
Deretan KSAU termuda, Soerjadi Soerjadarma, Sri Mulyono Herlambang, Roesmin Noerjadin, Omar Dhani. FOTO KOLASE/DOK.TNI AU/SINDOnews
JAKARTA - Terdapat empat KSAU termuda yang pernah menjabat sepanjang sejarah TNI Angkatan Udara . Usia mereka semua belum mencapai 40 tahun ketika dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Udara.

KSAU merupakan pejabat tertinggi di lingkungan TNI AU. Jabatan ini diemban oleh perwira tinggi berpangkat bintang 4 atau Marsekal TNI.

Sampai saat ini sudah ada 23 nama yang telah menempati posisi KSAU. Mulai dari Soerjadi Soerjadarma pada 1946 hingga Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang menjabat di 2020. Beberapa di antara mereka ada yang masih berusia muda saat dilantik. KSAU termuda ada di periode-periode awal Angkatan Udara terbentuk mengingat saat ini sudah hampir tidak ada perwira tinggi bintang 4 yang usianya masih 30-an tahun.

4 KSAU Termuda yang Pernah Menjabat

1. Soerjadi Soerjadarma



FOTO/DOK.TNI AU



Soerjadi Soerjadarma yang lahir pada 6 Desember 1912 ditunjuk menjadi KSAU pada 1946. Saat dilantik usianya masih 34 tahun, membuat sosok Bapak AURI ini menjadi KSAU termuda sepanjang sejarah.

Tidak hanya mengepalai Angkatan Udara, Soerjadi Soerjadarma juga adalah sosok yang ditugaskan membentuk AURI oleh Presiden Soekarno. Selain punya jasa besar di militer, dirinya juga punya peran besar sebagai pelopor penerbangan komersial.

2. Sri Mulyono Herlambang



FOTO/DOK.TNI AU
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More