Kapolda Metro Jaya di Era Jokowi yang Raih Jenderal Bintang 4, Nomor 1 Sabet Adhi Makayasa

Minggu, 11 Februari 2024 - 05:00 WIB
Jenderal Pol (Purn) Tito Karnavian (kanan) menyalami Jenderal Pol Idham Aziz usai dilantik menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi pada 1 November 2019. FOTO/DOK.SINDOnews
JAKARTA - Terdapat beberapa nama Kapolda Metro Jaya di era Presiden Jokowi yang sukses melenggang menjadi jenderal bintang 4 di kemudian hari. Salah satunya peraih Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol) 1987.

Polda Metro Jaya merupakan pelaksana tugas Polri yang membawahi wilayah Provinsi DKI Jakarta dan daerah-daerah penyangganya. Sebagaimana Polda lain, tampuk pimpinannya juga disebut Kapolda.

Sepanjang sejarahnya, Polda Metro Jaya sudah dipimpin puluhan Kapolda yang berbeda-beda. Di era Presiden Joko Widodo (Jokowi) misalnya, ada sekitar 9 Kapolda Metro Jaya yang pernah aktif menjabat.



Melihat nama-namanya, ada beberapa di antaranya yang sukses melenggang menjadi Kapolri dan meraih pangkat jenderal bintang 4. Siapa saja mereka?



Kapolda Metro Jaya Era Presiden Jokowi yang Jadi Jenderal Bintang 4

1. Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian



FOTO/DOK.SINDOnews

Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi Polri. Tito menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin.

Polisi kelahiran Palembang, 26 Oktober 1964 itu diketahui sebagai lulusan terbaik Akpol 1987 dan berhak atas penghargaan Adhi Makayasa. Tito sudah banyak mencicipi posisi-posisi strategis di kepolisian. Salah satunya menjadi Kapolda Metro Jaya periode 2015-2016.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More