14 Komisaris Jenderal Polri Pemilik Bintang Bhayangkara Pratama, Nomor 11 Jebolan Sekolah Perwira 1993

Rabu, 31 Januari 2024 - 05:05 WIB
Sebanyak 14 jenderal bintang tiga Polri tercatat memiliki tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama. Salah satunya merupakan Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho. Foto/Istimewa
JAKARTA - Sebanyak 14 jenderal bintang tiga Polri tercatat memiliki tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama . Dari 14 Komisaris Jenderal (Komjen) pemilik Bintang Bhayangkara Pratama itu merupakan lulusan Akpol 1988 hingga 1993.

Sekadar informasi, Bintang Bhayangkara adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah untuk menghormati jasa seseorang memajukan dan mengembangkan Polri. Bintang Bhayangkara diberikan kepada mereka yang berjasa luar biasa melampaui panggilan kewajiban yang disumbangkan terhadap kemajuan dan pengembangan Polri.



Bintang ini juga dapat diberikan kepada WNI bukan anggota Polri yang berjasa memajukan dan mengembangkan Polri. Bintang Bhayangkara terdiri dari tiga tingkatan yakni, Bintang Bhayangkara Utama, Bintang Bhayangkara Pratama, dan Bintang Bhayangkara Nararya.

Bintang Bhayangkara Pratama adalah kelas kedua dari Bintang Bhayangkara. Tanda kehormatan kelas ini setara dengan Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Jalasena Pratama, dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama.



Berbeda dengan kelas utama, kelas ini hanya terdiri atas lencana dan miniatur saja. Bintang Bhayangkara Pratama berbentuk sama dengan Bintang Bhayangkara Utama, tetapi sinar-sinarnya berwarna perak.

Selain itu, lingkaran padi dan kapas, lambang Polri, dan tiga bintang memiliki warna emas. Pita kalung dan miniatur kelas ini berwarna dasar hitam dengan lima lajur kuning yang membagi pita menjadi enam bagian sama lebar.

Daftar Komisaris Jenderal Polri yang memiliki tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Pratama

1. Komjen Pol Agus Andrianto

Jabatan : Wakapolri

Alumni : Akpol 1989
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More