7 Kalemdiklat Polri dalam Sedekade Terakhir, 2 di Antaranya Peraih Adhi Makayasa

Rabu, 10 Januari 2024 - 18:34 WIB
Komjen Pol (Purn) Moechgiyarto dan Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel merupakan dua mantan Kalemdiklat Polri peraih Adhi Makayasa. Foto/Istimewa
JAKARTA - Terdapat tujuh Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri yang aktif bertugas dalam sedekade terakhir. Beberapa di antaranya adalah peraih Adhi Makayasa .

Lemdiklat Polri merupakan lembaga pendidikan dan akademik yang berada di bawah kendali Kapolri. Sebelumnya, lembaga ini bernama Lemdikpol (Lembaga Pendidikan Polri).



Pada struktur organisasinya, Lemdiklat Polri dipimpin seorang kepala yang lebih dikenal sebagai Kalemdiklat. Biasanya, posisi ini ditempati seorang jenderal polisi bintang tiga (Komisaris Jenderal).

Melihat riwayatnya, telah banyak Pati Polri yang menjabat posisi Kalemdiklat. Berikut di antaranya yang bertugas dalam kurun sedekade terakhir.



Daftar Kalemdiklat Polri dalam Sedekade Terakhir

1. Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan

Budi Gunawan menjabat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) sejak September 2016. Waktu itu, posisinya didapat ketika menggantikan Letjen TNI (Purn) Sutiyoso.

Sebelum menjadi Kepala BIN, lulusan Akpol 1983 ini juga sudah banyak menyemat posisi strategis lain, termasuk Kalemdiklat Polri (dulu Kalemdikpol) periode 2012-2015. Selain itu, Budi Gunawan juga sempat menjabat Kapolda Bali (2012) hingga Wakapolri (2015-2016).

2. Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo

Komjen Pol (Purn) Syafruddin Kambo lahir di Makassar, 12 April 1961. Jabatan terakhirnya di kepolisian sebelum pensiun adalah Wakapolri (2016-2018).

Melihat ke belakang, Syafruddin sempat menduduki posisi strategis lain sebelum ditunjuk menjadi Wakapolri. Sebut saja seperti Kapolda Kalimantan Selatan (2010), Kadiv Propam Polri (2012), hingga Kalemdiklat Polri (2015-2016).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More