7 Kapolda Aktif Letting Akpol 1991, Nomor 7 Pernah Pimpin Pemeriksaan Ferdy Sambo

Kamis, 28 Desember 2023 - 05:50 WIB
Dari Polda Riau, dia ditugaskan di Polda Jawa Timur sebagai Kapolres Gresik dan Kapolres Sidoarjo. Kariernya terus meningkat, dia kemudian dimutasi menjadi Kapolres Metro Jakarta Utara. Namanya semakin dikenal setelah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya.

M Iqbal yang pernah mengenyam pendidikan Sespimpol pada 2005 ini selanjutnya menjadi Analis Kebijakan Madya bidang Dalops Sops Polri. Kemudian Kapolrestabes Surabaya Polda Jatim. Sempat menjabat Karopenmas Divhumas Polri, Iqbal kembali ke Jawa Timur sebagai Wakapolda Jawa Timur. Dari Jawa Timur, Iqbal diangkat menjadi Kadiv Humas Polri, kemudian Kapolda NTB dan saat ini Kapolda Riau.

3. Irjen Pol Rusdi Hartono



Rusdi diketahui sebagai lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 yang saat ini menjabat Kapolda Jambi. Dia juga menjadi rekan seangkatan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Dia mengemban amanat sebagai Kapolda Jambi menggantikan Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo yang dimutasi menjadi Kapolda Sumatera Selatan pada 14 Oktober 2022. Sebelumnya, Rusdi Hartono menduduki posisi Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Adapun untuk serah terima jabatannya sendiri dipimpin Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo pada 18 Oktober 2022 di Gedung Rupatama Mabes Polri. Saat itu, Kapolri melantik sekitar 9 Kapolda, termasuk salah satunya adalah Rusdi Hartono.

Di Korps Bhayangkara, Rusdi berpengalaman dalam bidang lantas. Jenderal bintang dua ini juga bisa dibilang memiliki karier yang cukup cemerlang di Polri.

Tercatat, Pria kelahiran Jakarta 27 April 1969 ini pernah menjabat Kapolda Garut, Kapolres Cimahi (2009), Wadirlantas Polda Riau (2010), Dirlantas Polda Kepri (2011), Dirlantas Polda Jabar (2013), Kapolrestabes Makassar Polda Sulsel (2015), Karopenmas Divisi Humas Polri (2020), Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri (2021).

4. Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :