Aliansi Kebangsaan Sebut Relasi Parpol dan Massa Pemilih Semakin Berjarak

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 13:30 WIB
Beberapa kajian terbaru menunjukkan dalam kurun waktu 25 tahun terakhir kedudukan dan peran partai politik dan parlemen justru menjadi sarana untuk melanggengkan kekuasaan dan mempertahankan dominasi kekuasaan ekonomipolitik.

Belum lagi persoalan di dalam tubuh partai itu sendiri, kata dia, intra party democracy masih menjadi persoalan besar yang dihadapi hampir semua partai politik. "Partai masih sangat tergantung kepada ketuanya dalam pola relasi patronase-klientelistik, dengan corak pengambilan keputusan yang didominasi oleh Sang Ketua,” kata Pontjo.

Masalah lainnya terkait pendanaan partai (party financing) yang terbatas kecuali pada partai-partai tertentu. Keterbatasan dana menyebabkan partai politik rawan diintervensi kekuatan modal ekonomi-politik dari luar. Hal ini pada gilirannya mengukuhkan pengaruh oligarki dalam tubuh partai sekaligus dalam kehidupan politik secara luas.

Pontjo berharap para narasumber sebagai ilmuwan politik maupun segenap peserta FGD untuk ikut memikirkan dan mencari solusi bagaimana memperbaiki kelemahan-kelemahan dalam sistem kepartaian.
(cip)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More