6 Kepala Bais yang Berasal dari TNI AD Sedekade Terakhir, Nomor Terakhir Eks Irjenad

Rabu, 12 Juli 2023 - 05:50 WIB
Posisi Kepala Bais (Kabais) telah dipegang oleh banyak perwira tinggi (pati) TNI yang berbeda dari ketiga matra. Foto/Istimewa/Ilustrasi.dok
JAKARTA - Posisi Kepala Bais (Kabais) telah dipegang oleh banyak perwira tinggi (pati) TNI yang berbeda dari ketiga matra. Dari sekian banyak, beberapa di antaranya telah ditempati oleh pati TNI Angkatan Darat, termasuk pada kurun sedekade terakhir.

Berada di bawah komando Markas Besar (Mabes) TNI, BAIS atau Badan Intelijen Strategis memiliki tugas menangani intelijen kemiliteran. Melihat riwayatnya, Bais sendiri memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya.

Pada tampuk pimpinannya, BAIS dipimpin seorang kepala yang lebih dikenal Kepala Bais atau Kabais.



Dari sekian banyak nama, beberapa di antaranya berasal dari TNI AD, termasuk pada kurun sedekade terakhir ini. Siapa sajakah mereka?



Kepala Bais dari TNI AD Sedekade Terakhir

1. Letjen TNI (Purn) Erwin Syafitri

Letjen TNI (Purn) M. Erwin Syafitri merupakan salah seorang purnawirawan perwira tinggi (pati) TNI Angkatan Darat. Sebelum pensiun, jenderal bintang tiga ini sempat menjabat Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Wakil KSAD).

Pada perjalanan kariernya, Erwin juga sempat menjadi Kepala Badan Intelijen Strategis (Kabais). Posisi ini ditempatinya pada periode 2013 hingga 2015.

Kala itu, upacara serah terima jabatan (Sertijab) dilakukan di Mako Bais TNI Jalan Kalibata Raya 24, Jakarta pada Senin, (30/9/2013). Pada tugas barunya sebagai Kabais, Erwin menggantikan Laksda TNI Soleman B. Ponto.

Selain Kabais dan Wakil KSAD, sejumlah posisi penting juga sempat ditempati Erwin. Di antaranya seperti Danrem 011/Lilawangsa (2006-2008), Dir A Bais TNI (2008-2011), Pangdam XVII/Cenderawasih (2012), hingga Aspam KSAD (2012-2013).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More