Daftar Kepala Staf Kogabwilhan I dari Masa ke Masa, Nomor Satu Jenderal Kopassus Ahli Perang Rahasia

Selasa, 11 Juli 2023 - 06:01 WIB
Prajurit TNI yang bertugas di Kogabwilhan I di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. FOTO/DOK.KOGABWILHAN I
JAKARTA - Sejumlah jenderal TNI pernah menduduki jabatan Kepala Staf Kogabwilhan I dari masa ke masa. Salah satunya pernah menjabat Komandan Grup 3/ Kopassus yang memiliki kemampuan perang rahasia hingga operasi intelijen tempur.

Mengutip keterangan dari laman resmi TNI, Senin (10/7/2023), pembentukan Kogabwilhan didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 27 Tahun 2019 tentang pembentukan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan TNI dan Peningkatan Status 23 Komando Resor Militer dari Tipe B menjadi Tipe A. Fungsi dan peran Kogabwilhan adalah mengintegrasikan berbagai pangkalan TNI yang ada di seluruh Indonesia.

Kogabwilhan dibagi menjadi 3, yakni Kogabwilhan I, yang berkedudukan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau; Kogabwilhan II berkedudukan di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur; dan Kogabwilhan III di Timika, Papua Tengah. Masing-masing memiliki teritori berbeda-beda dari mulai darat, laut, dan udara.





Kogabwilhan dipimpin oleh seorang panglima yang merupakan perwira tinggi (pati) TNI bintang 3. Selain itu, Kogabwilhan juga memiliki seorang kepala staf berpangkat bintang 2.

Lantas, siapa sajak Kepala Staf Kogawbilhan I dari awal pembentukannya sampai sekarang? Simak daftarnya berikut ini.

Kepala Staf Kogabwilhan I dari Masa ke Masa

1. Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon



FOTO/WIKIPED

Richard Taruli Horja Tampubolon pernah menjadi Kepala Staf Kogabwilhan I periode 2019-2020. Waktu itu, sebagai Pangkogabwilhan I adalah Laksamana Madya (Laksdya) TNI Yudo Margono yang saat ini menjabat sebagai Panglima TNI.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More