Survei Algoritma: Sandiaga Berpotensi Menang Bila Ganjar, Prabowo, dan Anies Tak Maju Pilpres 2024

Kamis, 29 Juni 2023 - 13:39 WIB
Algoritma Research & Consulting Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berpotensi menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Foto/MNC Media
JAKARTA - Algoritma Research & Consulting baru saja merilis hasil survei teranyar pada Senin 26 Juni 2023 lalu. Hasilnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berpotensi menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Direktur Eksekutif Algoritma Aditya Perdana mengatakan kans Sandiaga menang itu bila tiga figur terkuat capres tak maju dalam kontestasi Pilpres 2024. Ketiga figur itu adalah Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.





"Dalam survei ini Algoritma mencari tahu jika tiga besar nama capres yaitu Ganjar, Prabowo, dan Anies jika tidak maju pilpres, maka siapa yang akan dipilih publik. Maka urutan yang muncul adalah Sandiaga Uno 9,3%, Ridwan Kamil 9,3%, dan Mahfud MD 8,2%," ujar Aditya dalam keterangan resmi yang dikutip, Kamis (29/6/2023).

Tak hanya itu, Sandiaga juga menjadi figur yang potensial menjadi Cawapres 2024. Ia menjelaskan elektabilitas Sandiaga menjadi cawapres mengalami tren positif.

Dari hasil survei itu, Sandiaga memperoleh elektabilitas sebesar 11,3%. Di urutan kedua, ada nama Erick Thohir dengan perolehan 10,3% dan Mahfud MD sebesar 8,8%.

Ia melanjutkan angka elektabilitas itu sangat dinamis bila dibandingkan dengan Desember 2022. Pada survei tahun lalu, Ridwan Kamil memuncaki klasemen dengan perolehan 11,8%, Sandiaga Uno sebesar 7,4%, dan Erick Thohir sebesar 6%.

"Kami melihat Sandiaga Uno momentumnya menguat signifikan, Ridwan Kamil mulai kehilangan akselerasinya yang sempat luar biasa dan Mahfud MD muncul memikat publik bahkan sampai membuat Ridwan Kamil terpental dari tiga besar,” jelas Aditya.

Sebagai informasi, survei Algoritma Research and Consulting dilakukan melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Survei itu melibatkan 2.009 responden di seluruh Indonesia.



Hasil survei mewakili penduduk usia dewasa (usia pilih) secara nasional. Adapun margin of error diperkirakan sekitar 2,1% pada tingkat kepercayaan 95%. Sementara pengumpulan data dilakukan pada 29 Mei hingga 10 Juni 2023.
(kri)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More