3 Partai Politik yang Paling Banyak Tempatkan Gubernur Petahana

Senin, 22 Mei 2023 - 06:00 WIB
Partai Golkar. PDIP, dan Partai Nasdem merupakan partai politik yang paling banyak menempatkan gubernur petahana. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Menghadapi perhelatan akbar Pemilu 2024, kader partai politik yang menjabat gubernur dipandang ikut menentukan. Peran gubernur dianggap cukup signifikan untuk turut membantu kemenangan partai politik tempat mereka bernaung, kendati bakal digantikan pejabat sementara.

Partai Politik Penghasil Gubernur Petahana Terbanyak

Dari 18 partai politik nasional yang bakal berlaga pada Pemilu 2024, tiga di antaranya adalah pemegang kursi gubernur terbanyak. Berikut daftarnya.

Partai Golkar



Foto/istimewa

Partai Golkar merupakan partai politik yang paling banyak menempatkan gubernur aktif. Partai berlambang pohon beringin ini punya enam kader atau anggota yang sedang menjabat gubernur, termasuk Ridwan Kamil yang baru saja berjaket kuning.



Lima gubernur asal Golkar lainnya yaitu Sahbirin Noor di Kalimantan Selatan, Ansar Ahmad di Kepulauan Riau, Arinal Djunaidi di Lampung, Rohidin Mersyah di Bengkulu dan Syamsuar di Riau.

Golkar juga menempatkan lima orang wakil gubernur. Mereka adalah Wakil Gubernur Sumetera Utara Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Nusa Tengara Timur Josef Nae Soi, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Wakil Gubernur Kaalimantan Tengah Edy Pratowo, dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir.

PDIP



Foto/istimewa
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More