6 Teror Bom di Indonesia Paling Menyita Perhatian Internasional

Rabu, 17 Mei 2023 - 22:26 WIB
Ledakan bom di Hotel JW Marriot dan Ritz Carlton Jakarta pada 2009 merupakan salah satu aksi teror yang disorot dunia internasional. Foto/dok.SINDOnews
JAKARTA - Sejumlah aksi teror Indonesia pernah terjadi di Indonesia. Tidak saja menyasar lokasi khusus, tetapi juga tempt-tempat umum. Selain menelan banyak korban jiwa, aksi-aksi teror ini tak pelak menimbulkan kepanikan yang meluas di masyarakat.

Aksi Teror di Tempat Umum

Aksi terorisme di Indonesia meliputi pemboman, penembakan, dan bentuk kekerasan lainnya yang menargetkan warga sipil tak berdosa. Dalam artikel ini, disajikan enam kasus terorisme di Indonesia yang paling menyita perhatian dunia dan dilakukan di tempat umum.

1. Bom Bali (2002)



Foto/istimewa

Bom Bali pada 12 Oktober 2002 merupakan salah satu serangan teror terbesar dalam sejarah Indonesia dan menjadi perhatian internasional. Bom Bali menargetkan dua klub malam di Bali, menewaskan lebih dari 200 orang dan melukai lebih dari 200 lainnya. Serangan ini dilakukan oleh kelompok teroris Jemaah Islamiyah. Setelah serangan tersebut, pemerintah Indonesia meningkatkan upaya dalam memerangi terorisme dengan membentuk unit khusus pada kepolisian yaitu Detasemen Khusus 88 Antiteror.



2. Bom Marriott dan Ritz Carlton (2009)



Foto/dok.SINDOnews

Bom di Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton di Jakarta menewaskan 9 orang serta melukai 53 lainnya. Bom-bom tersebut ditanam anggota kelompok teroris Jamaah Islamiyah yang memiliki hubungan dengan Al-Qaeda. Serangan ini juga menjadi sorotan internasional dan menimbulkan kekhawatiran tentang tingkat keamanan di Indonesia. Setelah serangan tersebut, pemerintah Indonesia meningkatkan keamanan dengan menggelar pelatihan dan meningkatkan koordinasi antara lembaga keamanan.

3. Bom Sarinah (2016)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More