Kemenkominfo dan Opsel Antisipasi Lonjakan Trafik Telekomunikasi Selama Arus Mudik Lebaran 2023

Rabu, 19 April 2023 - 22:14 WIB
Berikutnya, untuk kapasitas yang disiapkan oleh XL Axiata dilaporkan mencapai 6.200 Gbps dengan seribu personil yang standby dalam rangka mengantisipasi arus mudik. Berikutnya Smartfren akan menyiapkan sampai dengan 400 Gbps dengan empat posko mudik tersebar di seluruh Indonesia.

"Jadi, itu secara garis besar kalau kita lihat dari sisi kapasitas," papar Ismail.

Dia melanjutkan, Kemenkominfo juga telah melakukan koordinasi dengan seluruh opsel untuk mengantisipasi cakupan wilayah atau coverage di lokasi-lokasi yang padat ketika arus mudik lebaran. Bagi Ismail, memang harus ada coverage baru terutama di daerah-daerah yang memiliki kepadatan dan lonjakan secara tiba-tiba atau sesaat. Misalnya di rest area seperti tol perlu disiapkan mobile combed Base Transceiver Station (BTS).

"Jadi bukan BTS yang stasioner yang sudah ada, tapi khusus untuk lonjakan di daerah-daerah yang melonjak secara sesaat kita perlu siapkan mobile combed termasuk daerah wisata, daerah rest area di tol, kemudian daerah-daerah pemberhentian kunjungan pusat-pusat transportasi mal dan sebagainya," tegas Ismail.
(rca)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More