5 Jenderal Polisi Ini Lulusan UI, Nomor 2 Menjadi Profesor

Sabtu, 18 Maret 2023 - 05:48 WIB
Sedikitnya lima orang jenderal polisi merupakan alumnus Universitas Indonesia. Foto/istimewa
JAKARTA - Lima orang jenderal polisi merupakan lulusan Universitas Indonesia. Mereka adalah Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo; mantan Kapolri Jenderal Polisi (Purn) Idham Azis, dan Komjen Pol H Rycko Amelza Dahniel; Komjen Pol Gatot Eddy Pramono; dan Irjen Pol Fadil Imran

Berikut profil singkat lima jenderal polisi lulusan UI tersebut:

Irjen Polisi Fadil Imran



Foto/dok.SINDOnews

Fadil yang saat ini masih menjabat sebagai kapolda Mater Jaya merupakan alumnus program doktoral UI. Pada tahun 2014 dia meraih gelar Doktor dalam bidang Kriminologi ketika masih menjabat sebagai kapolres Jakarta Barat. Dia lulus meyakinkan dengan disertasi berjudul "Studi Kejahatan Mutilasi di Jakarta (Perspektif Pilihan Rasional dari Lima Pelaku)".



Komjen Polisi H Rycko Amelza Dahniel



Foto/polri.go.id

Rycko Amelza Dahniel merupakan perwira tinggi bintang tiga Polri yang sedang menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri. Dia adalah peraih Adhi Makayasa Akpol 1988.

Pria kelahiran 14 Agustus 1966 menempuh studi S2 Ilmu Administrasi di UI pada 2001. Tujuh tahun kemudian, Rycko kembali ke UI untuk pendidikan doctoral pada Kajian Ilmu Kepolisian. Dia diangkat sebagai Guru Besar dalam jabatan Profesor Bidang Kajian Ilmu Kepolisian pada PTIK sejak 1 Agustus 2020 oleh Mendikbud Nadiem Makarim.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More