4 Kabaintelkam Merintis Karier sebagai Wakabaintelkam, Salah Satunya Kini Jabat Pj Gubernur Papua Barat

Rabu, 15 Maret 2023 - 22:49 WIB
Mantan Kabaintelkam Polri Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpaw saat ini menjawab Pj Gubernur Papua Barat. FOTO/DOK.iNews
JAKARTA - Terdapat empat Kabaintelkam yang sempat menduduki jabatan Wakabaintelkam Polri. Salah satunya kini menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat.

Kabaintelkam adalah singkatan dari Kepala Badan Intelijen dan Keamanan. Mengutip keterangan di situs Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK), Baintelkam memiliki tugas pokok menyelenggarakan kegiatan penyelidikan, penggalangan, dan pengamanan dalam upaya pencegahan dan antisipasi terhadap segala bentuk ancaman. Menurut UU No 17 Tahun 2011 Pasal 12 ayat 1, dalam menjalankan fungsinya, satuan di bawah Polri ini akan bekerja sama dengan Badan Intelijen Negara (BIN), Intelijen Kejaksaan, Intelijen TNI, serta Intelijen Kementerian/Lembaga.

Hingga saat ini Baintelkam Polri dianggap sebagai satuan elite yang bergerak di balik layar. Para anggotanya juga wajib punya pengalaman di bidang intelijen. Tak heran bila beberapa Perwira Tinggi (Pati) Polri yang pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Baintelkam ditunjuk sebagai Kabaintelkam.

Berikut profil singkat empat Kabaintelkam yang merintis karier dari Wakabaintelkam:

1. Komjen Pol (Purn) Suparni Parto Setiono



FOTO/POLDA JABAR



Purnawirawan Polri ini lahir pada 7 September 1956. Dia sempat menjabat sebagai Wakabaintelkam pada 2011, sebelum akhirnya diangkat jadi Kabaintelkam di 2013.

Kariernya sebagai intel mulai dirintis ketika ditunjuk menjadi Kanit Intelkam Polda Bengkulu pada 2000. Setelah itu dia sempat dipercaya untuk menjadi Dir Intelkam Polda Bengkulu pada 2003, dan Dirintelkam Polda Sulsel pada 2006.

Suparni juga pernah mengemban jabatan sebagai Dirintelkam Polda Metro Jaya pada 2006 dan Mabes Polri di 2009. Selanjutnya ia ditunjuk menjadi Staf Ahli Kepala BIN Bidang Ideologi dan berlanjut sebagai Kapolda Jabar sepanjang 2010 sebelum akhirnya menjadi Wakabaintelkam Polri.

2. Komjen Pol (Purn) Djoko Mukti Haryono

Komjen Pol (Purn) Djoko Mukti pernah menjabat Wakabaintelkam mendampingi Kabaintelkam Komjen Suparni Parto Setiono. Setelah Suparni pensiun pada 1 Oktober 2014, barulah Djoko Mukti naik pangkat menjadi Kabaintelkam.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More