Demokrat Patut Apresiasi Marzuki Alie

Jum'at, 24 April 2015 - 08:55 WIB
Demokrat Patut Apresiasi...
Demokrat Patut Apresiasi Marzuki Alie
A A A
JAKARTA - Partai Demokrat selayaknya mengapresiasi kadernya yang ingin mencalonkan diri sebagai ketua umum dalam kongres pada 11-13 Mei mendatang.

Munculnya nama Marzuki Alie dan I Gede Pasek Suardika dalam bursa calon ketua umum justru mencerminkan prinsip partai yang mengedepankan demokratisasi. Anggota Dewan Pertimbangan Partai Demokrat Ahmad Mubarokmenyatakan, seluruhkader tidak memungkiri ketokohan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pemersatu dan perekat partai.

Namun sikap sebagian elite DPP Demokrat yang ingin SBY terpilih secara aklamasi merupakan hal yang tidak tepat. ”Sesungguhnya tidak ada yang keberatan SBY yang jadi ketua umum, tapi jangan dibangun wacana aklamasi, apalagi sampai ada yang diminta tanda tangan di atas materai, itu tidak elok,” ujarnya kemarin.

Apalagi, menurut dia, sampai hari ini SBY juga belum menyatakan diri akan maju sebagai calon ketua umum. Menurut Mubarok, bukan tidak mungkin SBY nanti justru menolak dicalonkan dan menunjuk seseorang yang dianggapnya layak menggantikannya.

Sementara itu, Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan yang juga ketua steering committee ( SC) kongres menyatakan, jika ada kader yang tidak mendukung SBY terpilih lagi, itu artinya mereka tidak ingin melihat Demokrat maju kembali. ”Kalau ada yang tidak setuju SBY, berarti dia tidak ingin melihat Demokrat menang di Pemilu 2019.

Kalau dia tidak mau melihat partai ini jadi yang terbesar, berarti dia tidak mau SBY jadi pemimpin partai ini,” ujarnya. Di lain pihak, organisasi sayap Partai Demokrat, Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI), mendukung penuh SBY untuk menjadi ketua umum kembali.

”Kami meminta SBY untuk jadi ketua umum. Dukungan IMDI solid dari antero Nusantara,” ujar Sekjen IMDI Michael Wattimena dalam pembukaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II IMDI di Jakarta kemarin.

Mula akmal
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7951 seconds (0.1#10.140)