Ini Waktu Investigasi Terbakarnya Pesawat F-16

Jum'at, 24 April 2015 - 00:14 WIB
Ini Waktu Investigasi...
Ini Waktu Investigasi Terbakarnya Pesawat F-16
A A A
JAKARTA - Investigasi penyebab terbakarnya penyebab pesawat tempur F-16 sudah mulai dilakukan. Namun, untuk mengetahui hasilnya harus menunggu waktu cukup lama.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) Marsma TNI Dwi Badarmanto mengatakan, investigasi diperkirakan membutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun. "Sudah dimulai. Normalnya 6 bulan sampai satu tahun," kata Dwi usai serah terima jabatan (Sertijab) dengan Kadispenau lama Marsma TNI Hadi Tjahjanto di Gedung di Griya Ardhya Garini Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis (23/4/2015).

Dalam investigasi bisa melibatkan banyak pihak termasuk pabrikan pesawat tersebut. "Investigasi melibatkan dari mana saja, pabrikan, orang-orang yang punya pengalaman dan lembaga, itu semua terlibat untuk investigasi," tegasnya.

Pesawat tempur F-16 terbakar di Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Kamis 16 April 2015 lalu sebelum melakukan atraksi flypass penghormatan kepada Presiden Joko Widodo yang diangkat sebagai anggota kehormatan TNI. Pilot F-16 Letkol Pnb Firman Dwi Cahyono mengalami luka bakar ringan dalam insiden tersebut.

Diketahui, pesawat F-16 merupakan bekas yang dihibahkan Amerika Serikat pada Indonesia. Pengadaan pesawat itu sendiri dilakukan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)