10 Tokoh Wanita Dunia Paling Inspiratif

Kamis, 23 April 2015 - 09:15 WIB
10 Tokoh Wanita Dunia Paling Inspiratif
10 Tokoh Wanita Dunia Paling Inspiratif
A A A
10 wanita mendunia ini menjadi inspirasi bagi 400 responden jajak pendapat KORAN SINDO. Sosok kharismatik, sifat gigih serta komitmen besar di bidangnya masing-masing, menjadi faktor utama yang membuat 10 tokoh ini menjadi idola banyak orang. Bahkan ketika mereka sudah tiada, namanya tetap dikenang.

MICHELLE OBAMA

Siapa tak kenal wanita yang satu ini. Ia merupakan istri dari sang presiden negara adikuasa Amerika Serikat, Barack Obama. Perempuan kelahiran Chicago, 17 Januari 1964 ini merupakan lulusan Princeton University dan memperoleh gelar B.A di bidang Sosiologi. Michelle Obama menjadi tokoh wanita paling inspiratif karena sosoknya yang pintar, elegan, serta selalu tampil menawan.

OPRAH WINFREY


Winfrey juga menjadi salah satu wanita yang banyak dikagumi banyak orang. Perjuangannya dalam menghadapi pahit getir hidup sampai akhirnya bisa mencapai tahap kesuksesan menjadi Ilham bagi wanita di seluruh dunia. Kerja kerasnya mulai membuahkan hasil saat menginjak usia 17 tahun. Winfrey memenangkan kontes kecantikan Tennesse dan mulai bekerja di sebuah stasiun radio. Setelah itu, kiprahnya di dunia pertelevisian dimulai.

ANGELINA JOLIE

Wanita Inspiratif lainya adalah istri dari Brad Pitt, Angelina Jolie. Si cantik yang memiliki bibir seksi ini bisa dikatakan sebagai aktris multitalenta. Pasalnya, ia bisa memainkan peran dengan berbagai macam genre mulai drama,komedi sampai action. Di luar bidang film, Jolie terkenal dengan jiwa sosialnya yang tinggi. Ia sangat peduli dengan aksiaksi sosial dalam memerangi kemiskinan. Bersama UNHCR, Jolie aktif berkeliling ke negara-negara dunia ketiga.

J.K. ROWLING

Namanya melambung tinggi karenakarya nya yang berjudul Harry Potter. Rowling memberikan inspirasi kepada semua orang untuk tidak mudah menyerah dalam memperjuangkan sesuatu. Karya pertamanya, Harry Potter and Sorcerer’s Stone sempat mengalami penolakan, namun berkat kegigihannya ia berhasil menjual karya pertamanya itu.

Ia pun melanjutkan karyanya kedua yang berjudul Harry Potter and the Chamber of Secret. Tak berlangsung lama, ia pun mengeluarkan bukunya yang ketiga dengan judul Harry Poter and the Prisoner of Azkaban. Pada tahun 2000, karya nya ini telah diterjemahkan kedalam 35 bahasa.

HILLARY CLINTON

Nama Hillary Clinton mulai terdengar lagi akhir – akhir ini semenjak ia memutuskan untuk maju sebagai calon orang nomor satu di Amerika Serikat pada pemilu 2016 mendatang. Tak hanya sepak terjangnya dalam dunia politik yang menjadi sorotan, Hillary juga dikenal sebagai sosok wanita yang penuh cinta dan kesabaran. Pasalnya, walaupun suaminya Bill Clinton sempat berselingkuh, ia tetap setia dan menyayangi sang suami sampai kini.

ANGELA MERKEL

Angela Merkel merupakan Kanselir Jerman saat ini. Merkel pernah diangkat menjadi menteri urusan perempuan dan pemuda dalam kabinet Helmut Kohl. Pada pemilihan umum selanjutnya tahun 1994, ia kembali terpilih menjadi menteri, namun kali ini menjadi menteri lingkungan hidup dan reaktor nuklir. Di kabinet Kohl ini, ia menjadi orang termuda dan menjadi anak kesayangan Helmut Kohl. Pada tahun 2005 ia terpilih menjadi kanselir Jerman.

MOTHER TERESA

Mother Teresa atau Bunda Teresa lahir pada 26 Agustus 1910 dan meninggal di usianya yang ke 87 tahun di Kalkuta, India. Bunda Teresa merupakan seorang biarawati keturunan Albania. Selama lebih dari 47 tahun, ia melayani orang miskin, sakit, dan yatim piatu. Bunda Teresa memulai misionaris Cinta Kasih pada tahun 1948. Ia keluar dari biara untuk membantu orang- orang yang kesusahan.

LADY DIANA

Diana Frances Spencer, Lahir pada 1 Juli 1961 di Inggris. Diana kemudian menikah dengan Pangeran Charles pada tanggal 29 Juli 1981. Pernikahan mereka mencapai puncak kebahagiaan ketiga Lady Diana dianugerahi dua orang anak, pangeran William dan Pangeran Harry.

Malapetaka mulai terjadi dalam rumah tangga Lady Diana dengan Pangeran Charles. Ia mendapati suaminya berselingkuh dengan cinta pertamanya, Camillia Parker. Pada 28 Agustus 1996 akhirnya mereka memilih untuk berpisah. Namun meski sudah tiada karena kasus kecelakaan pada 1997, kebaikan hati Diana serta sosoknya yang ramah masih diingat oleh banyak orang.

INDIRA GANDHI

Sebagai anak Perdana Menteri India yang pertama Jawaharlal Nehru, darah politik mengalir dalam diri Indira Gandhi. Nama Indira Gandhi menjadi terkenal karena ia merupakan perdana menteri perempuan pertama di India. Indira menggantikan Lal Bahadur Sastri yang merupakan perdana menteri kedua India yang meninggal dunia. Di awal masa kepemimpinannya, ia sangat dicintai oleh rakyat India, Khususnya masyarakat miskin. Indira Gandhi memiliki program yang disebut Revolusi Hijau.

JULLIA GILLARD

Jullia Gillard, merupakan mantan perdana menteri perempuan Australia pertama tahun 2010 hingga 2013. Yang menjadikannya sebagai tokoh inspiratif adalah dia merupakan perempuan pertama yang diangkat menjadi perdana menteri Australia. Pada masa jabatannya sebagai perdana menteri, Gillard banyak membawa perubahan di Australia di antaranya adalah penguatan ekonomi serta penyelesaian masalah para pencari suaka ke Australia.

*Inspirasi Indonesia

Christine Hakim

Christine Hakim merupakan aktris senior di dunia perfilman dan sudah membintangi 34 judul film baik di dalam maupun di luar negeri.

Sri Mulyani Indrawati

Wanita Indonesia pertama yang menjabat Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak 1 Juni 2010. Sri Mulyani dinobatkan sebagai Menteri Keuangan terbaik Asia untuk tahun 2006 oleh Emerging Markets.

Karen Agustiawan

Direktur Utama Pertamina tahun 2009-2014 Pada tahun 2011, Majalah Forbes memasukkan namanya sebagai wanita Indonesia pertama di dalam daftar "Asia's 50 Power Businesswomen".

Susi Susanti

Atlet bulu tangkis wanita Indonesia pertama yang menjuarai Olimpiade tahun 1992 di Barcelona. Selain itu Susi adalah Juara All England, juara dunia 1993, membawa Indonesia menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996 serta masih banyak lagi penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Griselda Sastrawinata

Seorang animator asal Indonesia yang bekerja sebagai visual development artist (tim pengembangan animasi) di rumah produksi Dreamworks yang menghasilkan film-film animasi terkenal Shrek 4 dan film animasi lainnya seperti Madagascar, Kung Fu Panda & Bee movie.

Anggun Cipta Sasmi

Tahun 1994, Anggun memutuskan meninggalkan Indonesia untuk mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional. Tahun 1997, Anggun berhasil merilis album internasional pertamanya berjudul Snow on the Sahara di 33 negara, termasuk Amerika Serikat yang menjadi barometer musik internasional.

*Otak Wanita Lebih Efisien Dibanding Pria

Munculnya banyak tokoh wanita cerdas dan inspiratif di dunia tidak hanya dipengaruhi faktor sejarah dan sosiologis semata tetapi kajian ilmiah terhadap perbedaan anatomi tubuh wanita dan pria khususnya bagian otak sedikit banyak bisa menyingkap tabir fenomena itu.

  1. Dalam banyak penelitian ukuran otak wanita diketahui lebih kecil dari pria. Tetapi hal ini ternyata tidak menunjukkan adanya perbedaan kecerdasan.
  2. Dalam studi ahli saraf dari University of California, Los Angeles, dan beberapa universitas di Madrid, menyimpulkan, otak wanita mampu menyamai kecerdasan otak pria yang notabene ukurannya lebih besar, dengan cara bekerja lebih efisien
  3. Otak wanita diketahui mampu bekerja lebih efisien dibandingkan otak pria
  4. Pada wanita, hippocampus atau bagian otak yang memainkan peran sentral dalam menyimpan memori, kecerdasan dan emosi, ternyata membutuhkan energi lebih sedikit.
  5. Hippocampus pada wanita juga mampu menyelesaikan tugas dengan baik meski hanya melibatkan sedikit selsel otak, di mana hal ini tidak terjadi pada pria
  6. Wanita lebih unggul dari pria dalam hal penalaran induktif, kemampuan melacak perubahan situasi dan pada beberapa keterampilan numerik.
  7. Karena ukuran otak wanita lebih kecil dibanding pria, jarak antar sel-sel sarafnya menjadi lebih dekat dan lebih mudah diaktifkan, sehingga otak wanita akan bekerja lebih efisien dan tidak membutuhkan lebih banyak energi untuk berpikir.
  8. Bila laki-laki hanya menggunakan belahan otak kanan saja maka perempuan bisa memaksimalkan keduanya, yaitu belahan otak kiri dan kanan sekaligus secara bersamaan
  9. Jadi jangan heran jika kaum perempuan lebih banyak bicara. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara laki-laki hanya 7.000 kata

*4 Karakter Kecerdasan Otak Manusia

1.IQ (Intelligence Quotients)
2.EQ (Emotional Quotients)
3.SQ (Spiritual Quotients)
4.ESQ (Emotional and Spiritual Quotient)

WAKTU PENELITIAN : 8-13 April 2015
METODE PENGUMPULAN DATA : Wawancara via telepon
RESPONDEN : 400 responden yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Manado & Makassar
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5074 seconds (0.1#10.140)