MNC-Accor Kembangkan Pariwisata

Rabu, 22 April 2015 - 11:41 WIB
MNC-Accor Kembangkan Pariwisata
MNC-Accor Kembangkan Pariwisata
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. Namun, bisnis di sektor ini belum tergali secara maksimal. Hal itu juga yang mendasari penandatanganan memorandum of understanding( MoU) antara MNC Media dan Accor Group.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) dan COO Accor untuk Indonesia, Malaysia, dan Singapura Gerard Guillouet di MNC Tower, Jakarta, kemarin. HT mengatakan, Indonesia mempunyai potensi besar dalam pariwisata namun belum terbangun dengan baik. Hal ini terlihat dari jumlah turis asing yang datang ke Indonesia hanya 8,6 juta.

Jumlah tersebut sangat kecil dibanding dengan negara tetangga seperti Malaysia. ”Tantangan kita dalam meningkatkan pariwisata adalah mendatangkan turis asing. Kalau itu terjadi maka ekonomi akan terus,” ujar HT di MNC Tower, Jakarta, kemarin. Dia melanjutkan, kerja sama antara MNC Media dan Accor sebagai salah satu operator hotel terbaik di dunia diharapkan dapat memberikan dampak dan kontribusi positif.

Tidak hanya bagi kedua belah pihak, namun juga bagi pengembangan industri dan pariwisata Indonesia. ”Kami optimistis dengan komitmen MNC Media serta dukungan dari Accor akan memperkokoh industri pariwisata Indonesia,” imbuh HT. Sementara itu, Gerard Guillouet mengatakan kemitraan Accor dengan MNC Media merupakan salah satu strategi bisnis untuk menggalang kekuatan.

Apalagi, Accor dan MNC Media memiliki komitmen dan visi yang sama, khususnya untuk pengembangan industri pariwisata dan informasi terkait di Indonesia. ”Kami ingin mempromosikan Indonesia bukan hanya Bali dan Lombok, tetapi juga untuk mengangkat 16 destinasi wisata di Indonesia,” jelasnya.

Nota kesepahaman strategis antara MNC Media dan Accor akan memberikan kesempatan terbuka bagi kedua perusahaan untuk bersinergi dalam saling mendukung kegiatan dan promosi bersama, di antaranya pelaksanaan corporate social responsibility (CSR), ketersediaan akomodasi dan layanan di hotel-hotel Accor bagi karyawan MNC Media.

Seperti diketahui, Accor adalah operator hotel terkemuka di dunia yang mengoperasikan lebih dari 3.600 hotel, 470.000 kamar dengan 14 brand terpercaya di 92 negara. Hotel-hotel yang dioperasikan Accor terdiri atas tiga segmen, mulai ekonomi hingga kelas atas. Accor senantiasa memperbarui konsep masing-masing untuk memenuhi kebutuhan wisatawan maupun tamu hotel yang sedang melakukan perjalanan bisnis di seluruh dunia.

Guillouet mengatakan sangat senang atas penandatanganan kerja sama dengan MNC. Dia berharap kemitraan ini akan mendukung usaha pemerintah dalam mengangkat destinasi wisata Indonesia. ”MNC Media melalui jaringan media massanya yang sangat besar telah memberikan kontribusi khusus bagi perkembangan bisnis dan informasi dalam industri pariwisata. Pada akhirnya, kemitraan strategis antara Accor dan MNC Group ini akan mendukung usaha Pemerintah Indonesia untuk mengangkat wisata di Indonesia,” tutup Guillouet.

Oktiani endarwati
(bbg)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5922 seconds (0.1#10.140)