Manusia dalam Lanskap

Minggu, 19 April 2015 - 10:05 WIB
Manusia dalam Lanskap
Manusia dalam Lanskap
A A A
Menempatkan satu atau sekelompok orang ke dalam komposisi foto lanskap akan memberikan nuansa yang sama sekali berbeda dari satu lokasi.

Foto lanskap dari hutan atau gunung yang kosong tanpa objek manusia di dalamnya, tentu kerap menjadi foto yang menarik. Namun, memasukkan objek manusia di dalamnya dapat membantu menciptakan lebih banyak cerita.

Foto lanskap saat matahari terbenam dengan siluet pasangan di salah satu sudut komposisi, tentu akan memberikan nuansa romansa pada foto tersebut dan lebih menarik dibandingkan lanskap sunset kosong tanpa objek manusia. Selain memberikan cerita, menempatkan objek manusia juga membantu menciptakan skala ke dalam gambar. Contohnya bisa dilihat pada penempatan anak-anak yang tengah mendayung perahu dalam komposisi foto lanskap Kepulauan Raja Ampat.

Luasnya perairan menjadi jelas terukur lewat penempatan anak-anak tersebut dalam komposisi. Selain memberikan skala pada keseluruhan komposisi, penempatan anak-anak tersebut juga menjadi pengisi ruang kosong yang cenderung monoton dalam bidang bawah komposisi dan membuat foto lanskap ini semakin menarik untuk dipandang. Tak terlalu sulit untuk menemukan objek manusia pada lokasi lanskap, terlebih jika lokasi tersebut merupakan lokasi wisata yang ternama.

Hal yang lebih sulit adalah menunggu momen terbaik untuk menempatkan seseorang ke dalam komposisi serta menghindari terlalu banyaknya objek manusia di dalam foto tersebut. Perlu diingat objek utama dari foto lanskap tetaplah pemandangan indah yang ada di suatu tempat, sehingga penempatan satu atau sekelompok orang dalam komposisi hanya merupakan pelengkap.

Tentu saja harus diperhatikan rasio penempatan dalam komposisi, jangan sampai menjadi foto potret seseorang dengan latar belakang pemandangan. Penempatan orang yang baik dalam komposisi foto lanskap haruslah menjadi bagian dari keseluruhan foto. Idealnya penempatan objek manusia untuk foto lanskap ada pada sepertiga bagian komposisi, dan sesuaikan besarannya jangan sampai terlalu dominan dan mengganggu keseluruhan lanskap.

Kemudian jika ingin menempatkan figur manusia ke dalam komposisi, usahakan figur tersebut memberikan kontribusi ke dalam keseluruhan komposisi untuk menjadikan foto lebih hidup. Saat memotret lanskap saat pagi di tepi laut misalnya, salah satu figur manusia yang tepat untuk ditempatkan adalah nelayan.

Setelah mendapatkan objek nelayan, tempatkan dengan baik ke dalam komposisi, dan tunggulah waktu yang tepat untuk memotretnya. Bisa saat ia menarik kail dari dalam air atau saat melemparkan jala.

Arie yudhistira
(ars)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7458 seconds (0.1#10.140)